Situs Kemendagri Diretas, Mendagri Klaim Tampilan Beranda Diubah
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. [Foto: Medcom.id]

Situs Kemendagri Diretas, Mendagri Klaim Tampilan Beranda Diubah

Senin, 23 Sep 2019 | 15:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Beredar kabar jika situs Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diretas oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Menyikapi hal tersebut, Mendagri, Tjahjo Kumolo langsung menepis informasi yang menyebutkan jika situs kemendagri.go.id aman dari serangan hacker.

Tjahjo mengklaim jika peretasan itu dilakukan sebatas pengubahan tampilan beranda situs (deface). Menurutnya, situs Kemendagri tidak mempengaruhi data kependudukan. Tjahjo menyatakan jika pihaknya sudah menangani hal tersebut.

Melansir laman CNNIndonesia.com, Kemendagri sudah langsung melakukan penelusuran terhadap peretas. Mereka juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) serta Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri.

"Sudah jelas tanggal dan hari apa, jam apa, arah dari daerah apa, sudah ketahuan," ucap dia.

Situs resmi Kemendagri di alamat kemendagri.go.id pada Senin (23/9/2019) pukul 12.15 WIB sempat sulit diakses. Situs tersebut hanya menampilkan layar bertuliskan "this site can't be reached".

image0
Situs kemendgari.go.id tak bisa diakses. [Foto: Winnetnews/Khalied Malvino]

Peretasan situs resmi Kemendagri diketahui usai menjadi perbincangan di media sosial. Dari tangkapan layar yang beredar, peretas menyampaikan pesan terhadap pelemahan KPK. Peretas mencantumkan gambar batu nisan bertuliskan "R.I.P KPK". Mereka juga menyindir pemerintah yang belakangan tak memihak kepada rakyat lewat beberapa kebijakan.

"Kau itu pemimpin, yang gaji kau itu kami, seharusnya kau menuruti apa keinginan kami, bukan keinginan mereka yang berdasi!!!" tulis peretas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...