Skip to main content

Skandal Panama Terbongkar, Sandiaga Uno Mau Buka-Bukaan?

Skandal Panama Terbongkar, Sandiaga Uno Mau Buka-Bukaan?
Skandal Panama Terbongkar, Sandiaga Uno Mau Buka-Bukaan?

WinNetNews.com - Mossack Fonseca merupakan perusahaan firma hukum asal Panama yang memfasilitasi perusahaan agar usahanya bisa bebas pajak. Mossack Fonseca menjajakan kerahasiaan finansial kepada politikus, penipu, mafia narkoba, sampai miliuner untuk mendirikan perusahaan di negara surga bebas pajak seperti Panama atau British Virgin Island.

Mossack selama ini menjamin semua kerahasiaan transaksi usaha agar tidak terdeteksi oleh negara manapun. Sehingga ini memungkinkan seorang pengusaha mencuri dari negara atau penipuan tanpa diketahui.

Dari Indonesia sendiri ada 2,961 nama perusahaan atau individu yang terdaftar sebagai klien Mossack. Artinya, ada 2,961 perusahaan yang selama ini tidak bayar pajak, dengan kemungkinan melalukan korupsi, penipuan dan tindak kejahatan lainnya.

Baca Juga: Panama Papers Muat Hampir 3000 Borjuis Indonesia

Saat ini yang menjadi sorotan tentu adalah Sandiaga Uno. Pengusaha kelas kakap ini ternyata juga menjadi klien Mossak.

image0

Yang terlacak, ada tiga perusahaan offshore yang terkait dengan Sandiaga: Aldia Enterprises Ltd, Attica Finance Ltd, dan Ocean Blue Global Holdings Ltd. Ketiganya didirikan berurutan sejak 2004 sampai 2006.

Berhubung sudah bocor, Sandiaga Uno mengaku memang berniat untuk membukanya jika memang jadi maju sebagai Cagub.

“Saya memang punya rencana membuka semuanya karena saya sekarang dalam proses mencalonkan diri menjadi pejabat publik,” kata Sandiaga Uno.

Secara hukum, semua perusahaan yang ada di Mossack ini memang tidak otomatis ilegal atau melakukan usaha ilegal. Namun yang jelas, semua perusahaan dalam list Mossack adalah perusahaan yang tidak bayar pajak karena memang didirikan di negara surga bebas pajak Panama atau British Virgin Island.

Sampai di sini, Sandiaga Uno sepertinya tidak baik bagi Jakarta dan Indonesia. Sekalipun Sandiaga Uno katakanlah melalukan bisnis legal, namun di sekelilingnya adalah mafia kelas dunia dan bersama-sama tidak membayar pajak. Kemungkinan Sandiaga Uno untuk korupsi dan segala tindakan ilegal lainnya menjadi lebih tinggi ketimbang kandidat lain yang tidak termasuk sebagai klien Mossack. Persepsi masyrakat soal ini tidak bisa dihentikan untuk alasan apapun....

Baca selengkapanya di: Skandal Panama Bocor, Sandiaga Uno Tamat

Sumber: seword.com

Foto: www.aktualita.co


Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top