Smarphone Kamu Lemot! Cek Penyimpanan Kamu, Ini Tipsnya untuk Menguranginya!

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Smarphone Kamu Lemot! Cek Penyimpanan Kamu, Ini Tipsnya untuk Menguranginya! Smartphone Lemot /foto: istimewa

WinNetNews.com - Semakin banyaknya aplikasi dan data yang tersimpan di dalam smartphone lama-kelamaan akan membuat memori menjadi penuh. Jika memori sudah penuh, maka kamu tidak bisa menyimpan data lagi dan smartphone kamu akan menjadi lelet atau lemot sehingga dalam penggunaannya semakin sulit dan lama.

Berikut ini kami berikan 5 tips cara agar menghemat memori penyimpanan kamu, cek yuk!

1.Menghapus Pesan Lama

Biasanya banyak yang sering luput dengan hal ini, bahkan termasuk sahabat yang sudah tau bahwa Android punya fitur menghapus pesan lama. Masuk ke Setelan > Aplikasi > Lainnya > Pesan, dari sana akan tersedia pilihan untuk mengatur batas pesan untuk dihapus. Jadi, jangan lupa diaktifkan, ya!

2. Batasi Kualitas Foto dan Video

Bila tidak terlalu penting, sebaiknya batasi saja ukuran foto dan video yang kita ingin ambil. Sebab secara umum, semakin tinggi resolusi foto Anda, semakin banyak memori yang termakan. Begitu juga untuk video, modus seperti HDR dan 4K akan menggunakan lebih banyak memori.

3. Backup Otomatis di Cloud

Nah, ini favorit. Bila sebel menggunakan cara manual ketika backup data, sahabat bisa menggunakan aplikasi IF This Then That (IFTTT) di smartphone kamu. Ini juga bisa menjadi jalan keluar ketika kamu tidak ingin membatasi resolusi kamera, tetapi lebih suka menghapusnya saja sebab sudah tersimpan di cloud.

4. Hapus Cache Aplikasi

Terkadang Android banyak sekali menyimpan cache di setiap aplikasi yang kita install. Jadi, bersihkan saja Cache dari beberapa aplikasi yang tidak terlalu kita butuhkan. Masuk ke Setelah > Aplikasi > Pilih Aplikasi dan pilih Hapus Cache.

5. Pakai Layanan Streaming

Ini hanya saran untuk menghemat memorimu. Daripada menyimpan film, musik, video di dalam memori smartphone, lebih baik gunakan layanan streaming. Selain menghemat memori, kita juga mengapresiasi musik yang telah dibuat para musisi dengan tidak mendownloadnya secara bajakan.

Apa Reaksi Kamu?