Skip to main content

Snapchat Beli Paten Milik Startup Mobli

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Snap, induk perusahaan yang menaungi Snapchat, baru saja melakukan pembelian penting, dengan memboyong paten penting milik startup bernama Mobli.

Setelah 6 tahun berdiri, dengan pendanaan senilai USD 86 juta, dan punya 26 juta pengguna, pekan ini menandai babak baru bagi Mobli. Startup yang sempat disebut-sebut sebagai pesaing Instagram ini, menjual paten geofilter kepada Snap.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, pendiri Mobli Moshe Hogeg sudah menandatangani kesepakatan untuk menyerahkan paten tersebut kepada Snapchat senilai USD 7,7 juta.

Paten tersebut didaftarkan Mobli pada 2012 dan diberi deskripsi sebagai sistem dan metode fungsi edit konten visual. Secara spesifik, paten ini fokus pada hal yang saat ini lebih kita kenal sebagai geofilter.

Fitur ini sering ditemukan pada layanan seperti Snapchat dan Instagram Stories, yakni berupa filter foto atau video khusus yang menampilkan lokasi di mana kita berada.

Selain menjadi salah satu fitur populer di dalam aplikasi, berdasarkan dokumen yang diajukan Snap, Sponsored Geofilters alias geofilter bersponsor adalah salah satu andalan Snapchat untuk mendulang keuntungan.

Contohnya, Snap pernah bekerjasama dengan Starbucks membuat Sponsored Geofilters lucu-lucuan yang sekaligus menjadi kampanye marketing merek kedai kopi ternama tersebut.

Dikutip dari Tech Crunch , Jumat (21/4/2017), sejumlah sumber juga mengatakan, langkah ini juga dilakukan Snapchat untuk melindunginya. Mengingat paten geofilter milik Mobli disetujui pada 2014, di mana Snapchat baru merencanakan untuk membuat fitur tersebut. Artinya, Snapchat sebenarnya melanggar paten Mobli.

Dengan kata lain, akuisisi paten ini adalah langkah preventif Snapchat untuk menghindari potensi gugatan pelanggaran properti intelektual di masa yang akan datang.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top