Soal Jakarta Akan Tenggelam, Ini Kata Jokowi dan Prabowo

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Soal Jakarta Akan Tenggelam, Ini Kata Jokowi dan Prabowo Sekitar 40 persen wilayah di Jakarta sekarang berada di bawah permukaan laut. (The New York Times)

Winnetnews.com - Laju penurunan permukaan tanah di daerah Ancol, Jakarta Utara membuat para pakar memperingatkan pemerintah bahwa DKI Jakarta tengah menghadapi masalah serius. Kota metropolitan ini terancam tenggelam.

Meski ini memang bukan isu yang baru, telah banyak tokoh yang mengingatkan bahaya dari penurunan permukaan tanah di Jakarta. Pemerintah diharapkan agar menyusun penanganan yang tepat. Jika tidak, tenggelamnya kota ini adalah suatu keniscayaan.

Beberapa kajian menunjukkan terjadi penurunan permukaan tanah hingga 7,5-18 cm per tahun di Jakarta Utara. Bahkan hingga 2013, penurunan permukaan tanah sudah mencapai 40 meter. Penyebabnya adalah penggunaan air tanah melalui sumur bor secara berlebihan. The New York Times pun pada Kamis (21/12/2017) sempat membeberkan bagaimana 10 tahun lagi kota yang menjadi serbuan kaum urban ini menghadapi ancaman tenggelam oleh perubahan iklim.

Dicatat Detik.com, tokoh-tokoh yang pernah bersuara terkait masalah ini mulai dari Prabowo Subianto hingga Joko Widodo, juga 3 menteri kabinet Jokowi-JK.

1. Prabowo

Prabowo pernah berbicara tentang air laut di utara Jakarta bisa naik sampai wilayah Jakarta Pusat. Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara dalam Indonesia Economic Forum 2018. Awalnya dia berbicara soal dunia yang akan menghadapi defisit air pada 2025.

"Dunia akan menghadapi defisit di air bersih pada 2025. Itu nggak lama lagi. Kita lihat sekarang dengan climate change. Ada kekeringan di California," kata Prabowo di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo menyebut prediksi yang ia sampaikan itu merupakan data dari United Nations (UN) alias PBB. Ia mengatakan air laut dari Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan sampai ke Bundaran HI hingga Istana Negara, Jakarta Pusat.

"United Nations (UN) memprediksi bahwa air dari Tanjung Priok di 2025 akan sampai di (Hotel) Kempinski, di Grand Hyatt. Air dari Tanjung Priok akan sampai Bundaran HI, permukaan air terus naik 5 cm setiap tahun," kata Prabowo.

Apa Reaksi Kamu?