Soal Pasokan Minyak Global, OPEC Minta Ini Kepada AS

Karna H.
Selasa, 10 Oktober 2017 19:32 WIB
Oleh Karna H. pada Selasa, 10 Oktober 2017 19:32 WIB
Image Soal Pasokan Minyak Global, OPEC Minta Ini Kepada AS
Sekjen OPEC, Mohammed Barkindo/Istimewa

WinNetNews.com - Sekretaris Jenderal OPEC, Mohammed Barkindo, meminta AS untuk membantu mendukung rencana untuk mengekang pasokan minyak global.

OPEC memperingatkan tentang perlunya tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun depan untuk menyeimbangkan pasar minyak.

"Kami mendesak teman-teman kita, di Amerika Utara untuk mengambil tanggung jawab bersama ini dengan segala keseriusan yang layak, sebagai salah satu pelajaran penting yang dipetik dari siklus penawaran unik yang ada saat ini," kata Barkindo di India, Selasa (10/10/2017), seperti mengutip cnbc.com.

Pengebor shale Amerika Utara telah membantu meningkatkan produksi hampir 10 persen di AS pada tahun ini. Produksi ini terlepas dari OPEC dan beberapa produsen lainnya, termasuk pasokan pemotongan Rusia dalam upaya menopang harga.

Berbicara di Forum Energi India di New Delhi, Barkindo menambahkan bahwa AS dan OPEC telah sepakat bahwa mereka harus menemukan solusi bersama untuk memastikan stabilitas di pasar minyak.

Harga minyak turun dari mendekati US$120 per barel pada bulan Juni 2014 karena melemahnya permintaan, dolar yang kuat dan produksi serpih AS yang melonjak. Keengganan OPEC untuk memotong output juga dipandang sebagai alasan utama di balik jatuhnya. Tapi, kartel minyak segera bergerak untuk mengekang produksi - bersama dengan negara penghasil minyak lainnya, pada akhir 2016.

Sementara itu, negara penghasil minyak terbesar di dunia dan gembong OPEC, Arab Saudi, mengatakan Senin pihaknya telah mengurangi alokasi minyak mentah untuk bulan November sebesar 560.000 barel per hari. Pengumuman tersebut tampaknya sesuai dengan komitmen kerajaan untuk mematuhi kesepakatan pengurangan pasokan OPEC.

Pada hari Minggu, Barkindo telah menyarankan agar OPEC, dan juga produsen minyak lainnya, mungkin terpaksa mengadopsi beberapa tindakan luar biasa pada tahun 2018 untuk menyeimbangkan pasar.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Rizal Ramli Klaim PT PLN Merugi Karena Jokowi Tidak Mendengarkan Nasihatnya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.