Soal Pengertian Reklamasi, Begini Penjelasan Anies Baswedan

Daniel
Daniel

Soal Pengertian Reklamasi, Begini Penjelasan Anies Baswedan Anies Baswedan

Winnetnews.com - Kontroversi diterbitkannya IMB di lahan reklamasi menjadi topik hangat dalam sebulan terakhir. Belum mereda keputusan penerbitan IMB tersebut, Gubernur DKI Jakarta belum lama ini memberikan pendapatnya soal reklamasi.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut, kawasan reklamasi tidak bisa disebut sebagai pulau. Alih-alih menurutnya wilayah reklamasi lebih pas disebut sebagai pantai.

“Reklamasi, disebutnya pulau reklamasi, tidak ada pulau. Yang disebut pulau itu adalah daratan yang terbentuk karena proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau,” jelas Anies mengutip Kumparan.

Anies lantas memberikan contoh yakni kawasan Pantai Indah Kapuk: “Pantai Indah Kapuk itu reklamasi bukan? Reklamasi. Mutiara? Itu juga pantai. Ancol? Pantai,” tambah Anies.

Menurut Anies sangat disayangkan jika selama ini masyarakat menyebut reklamasi dengan tambahan embel-embel pulau. Anies menilai, pemahaman yang salah dapat membuat menimbulkan kerancuan. “Ini hal sederhana kan. Kalau kita tidak punya pemahaman yang benar, nanti terjebak-jebak tuh di doorstop, diskusi. Karena penataannya justru pada RDTR karena dia adalah darat,” tukas Anies.

Apa Reaksi Kamu?