Soal Revitalisasi Monas, Sekda DKI: “Biar Kayak Menara Eiffel, Gitu”
Foto: via voi.id

Soal Revitalisasi Monas, Sekda DKI: “Biar Kayak Menara Eiffel, Gitu”

Kamis, 30 Jan 2020 | 14:15 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah beralasan, revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat dilakukan agar Monas lebih mudah dilihat wisatawan layaknya Menara Eiffel di Paris, Perancis. Setelah revitalisasi, kabarnya wisatawan bisa masuk ke kawasan Monas dari plaza selatan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan bisa langsung menikmati penampakan tugu Monas.

Saat ini, pintu masuk menuju kawasan Monas berada di silang Monas.

“Kami ingin ada kenyamanan bagi pengunjung Monas, baik yang datang dari Jakarta sendiri, luar Jakarta mungkin, juga turis mancanegara, yang datang supaya berkelas Monas. Jadi kalau datang ke Merdeka Selatan, ‘Mana sih Monas? Eh itu.’ Kayak Menara Eiffel, gitu,” ucap Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Saefullah juga menambahkan, sisi selatan Monas yang direvitalisasi nantinya akan menjadi tempat paling sentral untuk melihat pemandangan kawasan Monas.

“Supaya sudut pandang Monas menurut ahli yang terlibat dalam sayembara (desain) itu nanti akan jadi pemandangan ke Monas ini dari sudut yang paling sentral, sehingga dapat keindahan dari sudut selatan, kan sentral itu,” kata Saefullah, dikutip dari Kompas.com.

Revitalisasi sisi selatan Monas belakangan menjadi polemik karena adanya penebangan pohon di area yang direvitalisasi. Proyek tersebut makin disorot karena ternyata dilaksanakan tanpa mengantongi izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Menteri Sekretaris Negara.

Pemprov DKI akhirnya mengajukan surat persetujuan permohonan revitalisasi Monas kepada Komisi Pengarah, sesuai ketentuan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...