Soal Tarif Cukai Rokok, Belum Ada Aturan Baru

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Soal Tarif Cukai Rokok, Belum Ada Aturan Baru
WinNetNews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani ikut menanggapi isu kenaikan harga rokok di Indonesia yang akan menjadi Rp50.000 per bungkus.

Menurutnya hingga saat ini Kementerian Keuangan belum membahas aturan terbaru terkait harga jual rokok, khususnya soal tarif cukai rokok.

"Mengenai rokok sampai saat ini Kementerian Keuangan belum ada aturan terbaru mengenai harga eceran tarif cukai rokok," terang Sri Mulyani saat konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (22/8).

Dirinya juga sudah mengetahui ada kajian yang menyebutkan kenaikan harga rokok agar anak sekolah dan masyarakat miskin tidak menghabiskan uangnya membeli rokok. Kementerian Keuangan juga berencana melakukan kajian mengenai harga jual rokok di pasar.

Sehingga diharapkan sebelum APBN 2017 diputuskan, harga eceran rokok busa diputuskan ada kenaikan atau tidak.

"Kementerian Keuangan akan melakukan kebijakan mengenai harga jual eceran maupun harga jual rokok dilakukan sesuai undang-undang cukai juga dalam rencana APBN 2017. Sampai saat ini kami masih dalam proses konsultasi dengan berbagai pihak dan bisa diputuskan sampai APBN 2017 dimulai," tutur Sri Mulyani. 

Apa Reaksi Kamu?