Solusi Untuk Mengatasi Jerawat Pada Punggung dan Dada

Solusi Untuk Mengatasi Jerawat Pada Punggung dan Dada

WinNetNews.com -  Salah satu masalah jerawat pada tubuh yang sering dialami ialah jerawat pada punggung dan dada. Hal ini juga disebabkan oleh letak Indonesia yang beriklim tropis.

Dengan sering timbulnya masalah jerawat ini, ada baiknya jika Anda memahami lebih detail penyebab, pencegahan dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Seperti yang dilansir dari Allure, berikut ini penyebab, pencegahan dan solusi untuk mengatasi jerawat pada punggung dan dada yang sering dialami wanita dan pria Indonesia.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung dan Dada

image0

Mengapa jerawat ini bisa datang?

Pada cuaca yang panas, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak dan Anda akan lebih mudah berkeringat. Jerawat akan timbul, ketika minyak dan keringat ini menjadi satu dan menempel pada kulit.

Pemicu lainnya ialah karena Anda terlalu banyak mengoleskan sunscreen pada kulit. Melihat terik dan panasnya matahari, kebanyakan dari Anda akan mengoleskan lebih banyak sunscreen daripada jumlah yang seharusnya Anda gunakan. Pada dasarnya, sunscreen memang baik untuk melindungi kulit. Namun dibalik kebaikannya tersebut, sunscreen juga mampu menimbulkan jerawat pada kulit Anda.

Apakah jerawat punggung dan dada sama dengan jerawat pada wajah?

Tentu tidak. Jerawat pada punggung dan dada ini disebut dengan folliculitis, keadaan saat kantung dimana akar rambut pada tubuh berada terinfeksi oleh bakteri.

Biarpun namanya berbeda, tapi kedua jerawat ini terlihat sangat mirip. Selain itu, jerawat punggung dan dada ini juga dapat Anda rawat menggunakan produk yang sama dengan jerawat pada wajah Anda.

Lain dari itu, pada beberapa kasus tertentu, jerawat punggung dan dada ini juga dikenal dengan rosacea, yang disebabkan oleh kopi dan susu.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung dan dada?

Hal pertama yang perlu diterapkan, yaitu mandi sesegera mungkin setelah tubuh Anda berkeringat karena beraktivitas. Air dan sabun yang Anda gunakan saat mandi mampu mengangkat minyak, keringat dan sunscreen bercampur debu yang dapat menimbulkan infeksi pada kantung bulu dari tubuh Anda.

Usahakan untuk selalu menggunakan sabun mandi yang mengandung asam salicylic yang terpercaya dapat mengurangi peradangan dan mengangkat kotoran pada pori.

Apakah jerawat punggung dan dada boleh dirawat dengan perawatan khusus untuk jerawat pada wajah?

Tentu saja boleh. Tapi, sebelum Anda menggunakannya, pastikan sabun cuci muka tersebut mengandung salicylic acid bukan benzoyl peroxide.

Baik salicylic acid maupun benzoyl peroxide memang baik untung mengatasi jerawat, Sayangnya, benzoyl peroxide dapat melunturkan warna pada pakaian. Jadi, jika ingin memakai krim atau gel pada jerawat punggung dan dada, hindari produk yang mengandung benzoyl peroxide, karena warna baju Anda akan ikut hilang bersama dengan jerawat Anda.

Apakah lulur dapat membantu mengatasi masalah ini?

Saat luluran, kebanyakan dari Anda akan cenderung menggosokan kulit dengan sangat kuat. Tidak heran, karena Anda pasti menganggap semakin kuat gosokan lulur, kulit Anda akan semakin bersih. Padahal faktanya, gosokan yang terlalu kuat malah akan membuat kulit Anda kering.

Saat mengetahui keadaannya yang kering, kelenjar minyak pada kulit akan langsung otomatis memproduksi lebih banyak minyak lagi. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, jerawat punggung dan dada ini timbul karena minyak yang bercampur keringat, sunscreen dan debu. Jelas tentunya jika Anda luluran terlalu kencang dan kuat, jerawat pada punggung dan dada akan lebih mudah untuk timbul.

Jika Anda memang ingin luluran, lakukanlah dengan perlahan dan lembut. Lebih baik menggosok berkali-kali dengan waktu yang lama dibandingkan menggosok sebentar namun dengan tekanan yang kuat.