Sony Trio Xperia Z5 Resmi Luncurkan

Sony Trio Xperia Z5  Resmi Luncurkan

Sony resmi menghadirkan trio Xperia Z5 pada perhelatan IFA 2015 di Berlin, Jerman, Rabu (2/9/2015). Bertajuk "Z5", "Z5 Compact" dan "Z5 Premium", tiga bersaudara tersebut menunjukkan usaha Sony untuk mempertahankan divisi smartphone.

Pembeda yang paling tampak dari ketiganya adalah ukuran perangkat. Z5 Premium adalah perangkat 5,5 inci dengan tampilan layar 4K (3840p). Dengan ini, Sony merupakan vendor pertama yang menelurkan ponsel dengan tampilan layar demikian.

Sementara itu, Z5 dan Z5 Compact masing-masing mengusung layar 5,2 inci dan 4,6 inci. Keduanya tidak memiliki fitur tampilan 4K. Xperia Z5 disematkan layar Full HD (1080p), sedangkan Z5 Compact dirasa cukup dengan tampilan 720p.

Untuk pengoperasiannya, ketiga smartphone mempercayakan "jeroan" Qualcomm Snapdragon 810. Ketiganya juga memiliki kapasitas penyimpanan internal 32 MB dan bisa ditambah dengan memanfaatkan slot microSD eksternal.

Perbedaan kembali terlihat pada kapasitas RAM. Xperia Z5 dan Z5 Premium dilengkapi RAM 3 GB, sedangkan Z5 Compact hanya diberi RAM 2 GB. Baterai ketiganya juga berkapasitas beda. Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai paling besar, yakni 3430 mAH. Sedangkan Z5 2900 mAH dan Z5 Compact 2700 mAH.

Walau begitu, Sony mengatakan ketahanan baterai saat menjajal ketiganya akan sama. Ketiganya dikatakan mampu beroperasi tanpa pengisian daya hingga dua hari dengan penggunaan standar.

Semua spesifikasi tersebut berjalan pada sistem operasi Android 5.1.1. Jika Android M sudah tersedia, Sony mengatakan bakal turut memperbarui keluarga Xperia Z5 ke versi paling mutakhir.

Kamera 23 MP dengan pendeteksi autofocus tercepat.

Untuk kamera, Sony tetap menjaga kualitasnya seperti yang sudah-sudah. Diketahui, sensor kamera Sony selama ini banyak pula digunakan vendor-vendor smartphone lainnya.

Dilansir KompasTekno, Rabu (3/9/2015) dari Engadget, Xperia Z5 bersaudara dibenamkan sensor Exmor RS dengan kualitas lensa 23 megapiksel.

Dengan spesifikasi lensa dan sensor demikian, Sony mengklaim gambar yang dihasilkan tak hanya tajam dan jernih, namun juga bisa di-zoom sesuka hati tanpa terjadi penurunan kualitas yang signifikan.

Sensor tersebut, kata Sony, eksklusif dibuat untuk lini Xperia. Vendor lain tak akan diizinkan menyematkan sensor serupa.

Selain itu, keluarga Xperia Z5 juga mengembangkan teknologi autofocus yang diklaim tercepat saat ini. Hanya dalam waktu 0,03 detik, objek yang dibidik sudah otomatis fokus.

Varian warna dan ketersediaan

Untuk fitur-fitur di dalam ponsel, Sony tak membeda-bedakan ketiga Xperia teranyarnya. Kali ini Sony membenamkan pemindai sidik jari pada trio Xperia teranyar. Sementara fitur lainnya kurang lebih masih sama dengan Xperia yang sudah-sudah.

Z5 Premium tersedia dalam warna hitam dan emas dengan balutan kaca cermin di punggung ponsel. Untuk Z5, Sony menyediakan warna putih, hitam, emas, dan hijau dengan balutan kaca buram pada punggung ponsel.

Sedangkan pada Z5 Compact, sesuai target pasar anak muda, Sony menyediakan warna-warna natural dan ceria. Yakni hitam, putih, kuning terang dan merah jampu. Punggung ponsel juga dilapisi kaca buram sama seperti Z5.

Xperia Z5 dan Z5 Compact rencananya akan hadir untuk pasar global pada Oktober mendatang. Sedangkan Z5 Premium lebih lambat sebulan, yakni pada November.

Xperia Z5 Compact dibanderol dengan harga 549 poundsterling atau setara Rp 11,9 juta. Xperia Z5 dihargai 599 poundsterling atau sekitar Rp 12,9 juta. Sedangkan versi paling mahal adalah Z5 Premium dengan harga 699 poundsterling atau sekitar Rp 15 juta.