Skip to main content

Soto Kudus Pak Ramdjan, Khas Kudus

Soto Kudus Pak Ramdjan, Khas Kudus
Soto Kudus Pak Ramdjan, Khas Kudus

Kedai Soto Kudus Pak Ramidjan yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus. Soto Kudus ini tetap memiliki keistimewaan tersendiri yang tak dimiliki soto dari daerah lain.

Menu ini menjadi pilihan pencinta kuliner soto saat berkunjung ke kota wali. Satu yang tak pernah sepi pengunjung di antaranya Soto Kudus Pak Ramidjan. Begitu tersohor soto ini hingga warga Kudus, khususnya mereka yang merantau.

image0

Daging kerbau memang menjadi kekhasan soto kudus. Ini pula yang tidak dimiliki daerah lain yang biasanya menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai isian soto. Di Kudus, daging sapi tidak ditabukan tetapi tidak dikonsumsi atas alasan toleransi.

image1

Dalam semangkuk Soto Kudus ada nasi, irisan daging kerbau, mi putih atau soun, tauge, irisan kol, butiran kacang kedelai, taburan daun seledri dan bawang goreng. Bahan pelengkap itu, disiram kuah dari kaldu daging kerbau yang panas, yang telah diberi bumbu rempah-rempah. Di antaranya, cengkih, kayu manis, kemiri serta perasan jeruk limau.

Ternyata, soto yang dibanderol Rp 10.000 per mangkuk itu tak hanya disukai warga Kota Kretek, ada konsumen asal Medan yang makan secara lahap tiga mangkuk soto yang dipesan. Soto Pak Ramidjan juga menjadi tempat makan para turis asing yang pulang belanja kerajinan ukir di Jepara.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top