Spesifikasi New Lexus

Spesifikasi New Lexus

Lexus kembali meluncurkan mobil barunya, New Lexus RX, dalam acara RX Global Dynamics Press Launch di Portland, Oregon, Amerika Serikat, pekan lalu. New Lexus RX diharapkan dapat mulai dinikmati konsumen di Indonesia pada Oktober mendatang.

Ada tiga jenis yang akan masuk ke Indonesia yakni New Lexus RX200 turbo yang dipasarkan dengan kisaran harga Rp1,2 miliar, New Lexus RX350 yang dipasarkan dengan kisaran harga Rp1,6 miliar, dan New Lexus RX450 hybrid yang dipasarkan dengan kisaran harga Rp1,8 miliar.

Varian termahal, New Lexus RX450 hybrid, menggunakan mesin bensin 3.456 cc dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Mesin 8AR-FTS ini mampu menyemburkan daya 308 hp pada 6.000 rpm dan menggunakan sistem penggerak 4 roda.

Varian ini dilengkapi dengan baterai Ni-MH sebanyak 240 sel. Mesin hybrid membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi sangat hemat. Konsumsi bahan bakar diklaim sebesar 5,7 liter per 100 km jarak tempuh di perkotaan, sebanyak 5,6 liter per 100 km di rute luar kota, serta 5,7 liter per 100 km rute kombinasi.

Mobil ini memiliki dimensi 4.890 mm panjang, 1.895 mm lebar, dan 1.685 tinggi. Mesinnya 6 tipe V, dengan 24 katup DOHC, Dual VVT-i. Kecepatan maksimal 200 km per jam dengan akselerasi 0 hingga 100 km per jam dapat dicapai dalam waktu 7,7 detik.

Secara umum, Lexus RX generasi keempat ini mengalami pembaruan yang amat banyak dibandingkan dengan generasi ketiga baik dari sisi penampilan luar, interior, mesin, suspensi, fitur keamanan, alat bantu mengemudi, maupun kemewahan.

Dengan kapasitas 5 penumpang dan lantai kursi belakang lebih rendah, posisi duduk SUV ini diklaim tak kalah nyaman dibandingkan sedan. Kemewahan juga terasa dengan tambahan audio Mark Levinson Premium Surround System dan panel interior yang digarap Yamaha dengan teknologi laser.

Lexus mengklaim mobil baru ini memiliki stabilitas yang lebih baik karena perubahan penempatan engine mounts, penggunaan teknologi suspensi yang baru yakni adaptive variable suspension dan active stabilizer suspension, perbaikan sistem pengereman, serta posisi kemudi yang lebih ergonomis.

Bermacam fitur keselamatan berkendara yang diterapkan antara lain pre-collision system untuk antisipasi tabrakan, lane departure alert untuk mengingatkan pengemudi agar tetap pada lajur yang benar, adaptive high beam untuk menyesuaikan ketinggian sorot lampu depan, dan dynamic radar cruise control.

Lexus mengklaim mobil baru ini memiliki visibilitas mengemudi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya disertai dengan mode mengemudi yang bisa diatur seperti mode eco, normal, maupun sport.