Spongebob Squarepants Kena Sanksi KPI, Warganet Ramaikan Tagar SaveSpongeBob

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Spongebob Squarepants Kena Sanksi KPI, Warganet Ramaikan Tagar SaveSpongeBob Sumber: Hipwee

Winnetnews.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baru saja memberikan teguran kepada tayangan kartun ‘Spongebob Squarepants’ melalui surat bernomor 385/K/KPI/31.2/09/2019.

Teguran tersebut diberikan kepada stasiun televisi yang menayangkan Program Siaran ‘Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie’.

KPI menilai kalau dalam tayangan Spongebob yang merupakan kartun untuk anak-anak, terdapat banyak adegan kekerasan.

“Pada tanggal 6 Agustus 2019 mulai pukul 11.14 WIB pada segmen ‘Rabbids Invasion’ yang terdapat adegan seekor kelinci melakukan tindakan-tindakan kekerasan terhadap kelinci lain, yakni memukul wajah dengan papan, menjatuhkan bola bowling dari atas, sehingga mengenai kepala, melayangkan palu ke wajah, serta memukul pot kaktus menggunakan raket ke arah wajah,” ujar Mulyo, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Kartun Spongebob kedapatan memiliki adegan kekerasan, seperti melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu yang disiarkan pada 22 Agutus 2019 pukul 15.06 WIB.

Dalam Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) KPI tahun 2012 menggariskan bahwa lembaga penyiaran wajib tunduk pada ketentuan pelanggaran dan/atau pembatasan program siaran bermuatan kekerasan.

Oleh karena itu, KPI pun memutuskan untuk memberikan sanksi berupa teguran kepada Progarm Siaran “Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie”.

Keputusan KPI pun mendapat komentar dari para warganet di Twitter yang ramai-ramai membuat cuitan yang memperlihatkan kekecewaan mereka, dengan menggunakan tagar #SaveSpongeBob. Tagar yang rama-ramai digunakan itu pun menjadi salah satu trending topic di Indonesia.

Apa Reaksi Kamu?