Spotify Tak Lagi Beri Izin Musisi Indie Upload Musik Sendiri

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Spotify Tak Lagi Beri Izin Musisi Indie Upload Musik Sendiri

Winnetnews.com - Kehadiran Spotify dalam industri musik sebetulnya membawa angin segar bagi para musisi indie dari berbagai belahan dunia. Sebab, platform streaming musik itu bisa mempermudah para seniman untuk memperkenalkan dan menyebarkan karyanya agar lebih banyak yang mendengar karya mereka dan mendapat bayaran.

Sebelumnya Spotify memberlakukan program uji coba yang memungkinkan musisi indie alias musisi yang berkarya tanpa perusahaan label rekaman bisa dengan mudah mengunggah karyanya ke Spotify untuk kemudian dinikmati oleh para pengguna. Namun, baru-baru ini Spotify mengumumkan kebijakan baru yang tak lagi mengizinkan musisi indie untuk mengunggah musik mereka secara langsung. Hal tersebut baru saja diumumkan perusahaan lewat situs web resminya. Kebijakan baru itu akan mulai berlaku pada Juli 2019.

“Pada akhir bulan ini, kami tidak akan menerima konten baru lewat Spotify for Artists, dan mereka harus memindahkan konten yang sudah dirilis ke platform lain,” tulis Spotify, dikutip dari Kumparan yang melansir Ubergizmo.

Ini tentu saja menjadi kerikil dalam proses kreatif para kreator musik. Namun, Spotify mengatakan akan membantu para artis untuk berbenah memindahkan karyanya dari platform-nya ke platform lain selama masa transisi.

Spotify mengklaim kebijakan ini dikeluarkan karena perusahaan kesulitan dalam memantau hak-hak cipta dalam pendistribusiannya. Pada saat yang bersamaan Spotify juga ingin mendukung para mitra distributornya.

Apa Reaksi Kamu?