Sri Mulyani Sayangkan Pernyataan Zulkifli Hasan Soal Utang Indonesia

Oky
Oky

Sri Mulyani Sayangkan Pernyataan Zulkifli Hasan Soal Utang Indonesia Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com  - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyayangkan pernyataan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan soal utang Indonesia di depan Sidang Tahunan MPR. Ia menjelaskan, perkembangan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari 2012 hingga 2019 tercatat terus menurun.

"Ini hanya untuk buktikan, kami kelola sisi keuangan negara, terutama masalah utang sangat hati-hati," ujarnya di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Nominal tersebut, kata Sri Mulyani, terlihat bahwa tren defisit turun terhadap GDP hampir mendekat ke 0% dari 2,59% pada 2015 dikarenakan Indonesia periode 2015 sampai 2016 menghadapi situasi jatuhnya harga komoditas.

"Sehingga defisit dalam. Begitu setelah konsolidasi, defisit saat ini di 1,84% lebih rendah bahkan dibanding 1,86% pada 2015 dari GDP, ini trennya berubah sama sekali," katanya.

Sementara, untuk keseimbangan primer dijelaskan Sri Mulyani juga sudah hampir mendekati 0%, lebih baik dibanding empat tahun terakhir yang defisit hingga 1%. "Saya juga sayangkan Pak Ketua MPR membandingkan utang dengan anggaran kesehatan di Kementerian Kesehatan," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawartan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta agar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperhatikan pengelolaan utang negara. Pasalnya utang negara harus mampu dikelola dengan baik, jika tidak ingin menjadi masalah utama dalam menstabilkan perekonomian Indonesia.

"Masalah pengelolaan utang, mencegah krisis secara dini ini harus diselesaikan agar ketahanan ekonomi kuat. Jangan pakai alasan nilai tukar melemah, tapi enggak lihat ke dalam karena arus impor yang kuat," ujar Zulkifli Hasan.

Apa Reaksi Kamu?