Sri Mulyani Ungkap Anggaran Pembangunan Ibu Kota Baru pada 2021 Mencapai Rp1,7 T

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 9 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sri Mulyani Ungkap Anggaran Pembangunan Ibu Kota Baru pada 2021 Mencapai Rp1,7 T
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Foto: Dok. Kemenkeu)

Winnetnews.com -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan jumlah anggaran dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) pada tahun 2021 mencapai Rp 1,7 triliun.

Anggaran itu, lanjut Sri akan terbagi ke dalam anggaran belanja masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) maupun non K/L.

“Belanja PUPR, Kemenhub, KLHK, ATR sebesar Rp800 miliar dan di dana belanja Project Development Fund (PDF) sebesar Rp900 miliar yang masuk ke non K/L,” ujar Sri Mulyani saat konferensi pers daring APBN KITA di Jakarta, Kamis (22/4).

Menuruntya, anggaran dibagi ke masing-masing kementerian dan lembaga guna mempersiapkan pembangunan IKN sesuai dengan tugasnya.

“Anggaran itu selalu ada di dalam masing-masing K/L. PUPR ada belanja yg dipakai untuk mempersiapkan berbagai infrastruktur dasar di sana,” jelas dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyebut jumlah anggaran yang digunakan untuk proyek pembangunan IKN hanya satu persen dari total anggaran sekitar Rp 500 triliun yang berasal dari anggaran fiskal APBN.

Ia menjelaskan bahwa kebutuhan anggaran atau pembiayaan untuk proyek ini akan dipenuhi lewat berbagai alternatif sumber.

“Insya Allah mungkin menyerap cukup besar sekitar 500 triliun rupiah, di mana hanya satu persen yang dari APBN, selebihnya berasal dari berbagai sumber dengan berbagai metode pembiayaan,” ujarnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...