Skip to main content

Ssst! ini Lho Cara Jitu Mengambil Hati Calon Mertua

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat wanita membenci ibu mertua dan menganggapnya suka mengontrol mencampuri urusan pribadi dan bersikap menyebalkan Foto Istimewa
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat wanita membenci ibu mertua dan menganggapnya suka mengontrol mencampuri urusan pribadi dan bersikap menyebalkan Foto Istimewa

WinNetNews.com - Hubungan dengan orangtua kekasih bisa dibilang merupakan sesuatu yang kompleks. Berbeda dengan orangtua kandung yang sudah kita tahu cukup baik, ada tantangan tersendiri ketika seseorang mencoba dekat dan mengakrabkan diri dengan calon mertua.

Dikutip dari Daily Mail, sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat wanita membenci ibu mertua dan menganggapnya suka mengontrol, mencampuri urusan pribadi dan bersikap menyebalkan. Penelitian juga mengungkap wanita merasa mertuanya selalu menilai kemampuan mereka mengurus anak dan meremehkannya di depan suami dan anak-anak.

Lantas, bagaimana menjalin hubungan baik dengan orangtua pasangan sejak pertama kali bertemu? Para pakar percintaan menyebut ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk mengambil hati calon mertua dari awal pertemuan, tanpa harus terlihat seperti 'penjilat'.

1. Tak Perlu Membawa Hantaran

Pakar percintaan India Kang mengatakan, Kamu tak perlu membawa hantaran ketika bertemu orangtua pasangan untuk pertama kali. Hantaran secara materiil, menurut India tak terlalu penting.

"Alasan Kamu tidak perlu membawa hadiah, karena Kamu sendirilah yang menjadi hadiah itu. Kenyataan bahwa Kamu dan kekasih bisa saling memberi kebahagiaan jauh lebih berharga daripada hadiah berupa materi apapun," ujar penulis buku 'Why Men Ask Dumb Dating Questions' ini.

Dalam budaya Indonesia, membawa hantaran atau hadiah saat bertemu calon mertua sudah jadi hal yang lumrah. Jika Kamu tetap ingin membawa sesuatu, India menyarankan untuk meminta saran terlebih dahulu tentang benda apa yang kira-kira bisa berguna atau disukai orangtuanya. Hindari membawa karangan bunga atau parsel. "Terutama kalau Kamu tak yakin mereka punya vas bunga yang pas untuk menaruh bunganya," tukas India.

2. Jangan Datang Saat Acara Keluarga atau Perayaan Hari Raya

India mengatakan sebaiknya tak usah terburu-buru untuk mendekatkan diri dengan orangtua kekasih dengan merayakan Hari Raya atau bergabung dalam acara keluarga. Kecuali Kamu sudah sangat dekat dan yakin berkomitmen untuk menikah, tak perlu menghabiskan waktu di acara yang bersifat kekeluargaan. Lebih baik manfaatkan momen spesial bersama keluarga dan teman Kamu sendiri.

Baca juga:Kenapa Banyak Pasangan Menikah di Tanggal Kembar? Alasan ini Sederhana, Tapi Logis

3. Ikuti Kebiasaan Keluarganya

Jika Kamu bukan tipe yang bisa menyenangkan orang lain dengan berkata-kata, ada banyak komunikasi non-verbal yang bisa dilakukan untuk mengambil hati calon mertua. Caranya, dengan mengikuti kebiasaan mereka.

"Jika Kamu datang ke rumah kekasih untuk pertamakalinya, tunggu dan lihat bagaimana cara mereka menyapa Kamu apakah dengan jabat tangan, cium pipi kiri-kanan, atau hanya menganggukkan kepala. Apapun yang mereka lakukan, lakukannlah hal yang sama. Kalau Kamu makan bersama mereka, perhatikan bagaimana mereka makan dan lakukan seperti mereka," saran Elizabeth Kuhnke, pakar bahasa tubuh dan penulis buku 'Body Language for Dummies'.

Meniru kebiasaan atau cara orang bersikap mungkin terkesan seperti Kamu tidak menjadi diri sendiri. Tapi studi mengungkapkan dengan berperilaku menyamai orang lain, akan mendemonstrasikan sebuah pengakuan dan penerimaan dari cara mereka berkomunikasi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top