Starbucks lirik Kopi Arabika Kerinci

Starbucks lirik Kopi Arabika Kerinci

Selasa, 9 Agt 2016 | 17:40 | Rike
WinNetNews.com-Kopi Arabika Kayu Aro Kerinci dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dilirik perusahaan kedai kopi terbesar dunia "Starbucks", menurut Pejabat Dinas Perkebunan (Disbun) provinsi Jambi.

"Kopi Arabika Kayu Aro Kerinci ini pernah menjuarai kontes kopi nasional, sehingga sekarang perusahaan kedai kopi terbesar ini melirik Arabika Kerinci," jelas Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil pada Disbun Provinsi Jambi Arsyad Nur di Jambi, Selasa.Kini ungkap Arsyad, perusahaan kedai kopi terbesar yang memiliki jaringan kedai kopi branding "Starbucks" sedang melakukan penjajakan kepada para petani Kopi Arabika Kerinci.

Di Provinsi Jambi menurut dia, kopi Arabika Kerinci ini hanya tumbuh di wilayah Kayu Aro yang merupakan daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1.400-1.700 meter dari permukaan laut (MDPL)."Saat proses panen dalam satu batang kopi itu produksinya bisa sampai delapan kilogram, dan Arabika Kerinci itu dalam dua minggu produksinya bisa mencapai 20 ton, karena berbuah terus," terangnya.

Luas lahan kopi Arabika Kerinci tersebut kini telah mencapai 1.500 hektare. Luas tersebut termasuk milik PT Perkebunan Nusantara unit usaha Kayu Aro yang tengah melakukan percobaaan pergantian dari komoditi teh ke kopi.Sementara pada pemasaran kopi arabika tersebut kata Arsyad para petani di sana masih memasarkannya di dalam negeri.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...