Stasiun Manggarai Layani Perjalanan Kereta Jarak Jauh dan Bandara Soetta

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Stasiun Manggarai Layani Perjalanan Kereta Jarak Jauh dan Bandara Soetta Kereta Bandara Soetta berhenti di Stasiun Manggarai. [Foto: Jawa Pos]

Winnetnews.com - Bagi kamu pengguna setia kereta atau yang biasa disebut anak kereta (anker) akan mengalamai hal perubahan ketika melintasi jalur kereta di Stasiun Manggarai. Per tanggal 5 Oktober 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberlakukan perpindahan jalur dari dan menuju Depok, Bogor, atau Nambo.

Perpindahan jalur ini rupanya disebabkan Stasiun Manggarai akan melayani angkutan kereta jakar jauh serta perjalanan dari dan ke Bandara Soetta. Sebelumnya selama bertahun-tahun, pelayanan kereta jarak jauh baik pergi dna pulang berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Melansir CNN Indonesia, Kasubag Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kemenhub, Supandi menuturkan perpindahan jalur keberangkatan dan kedatangan kereta jarak jauh ini direncanakan akan dipindahkan pada 2021. Pemindahan akan dilakukan setelah revitalisasi Stasiun Manggarai selesai.

"Saat Stasiun Manggarai selesai, itu akan mulai dilakukan perpindahan layanan kereta jarak jauh ke situ," katanya, Senin (7/10).

Supandi mengatakan, perpindahan kereta jarak jauh hanya akan dilakukan dari Stasiun Gambir ke Manggarai saja. Sementara untuk Stasiun Senen, layanan perjalanan kereta jarak jauh masih akan tetap dipertahankan.

Sebagai informasi, Stasiun Gambir merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A. Stasiun ini melayani transportasi kereta api kelas eksekutif dan campuran dari dan menuju kota-kota penting dan utama di Pulau Jawa.

Sementara itu, dikutip Detik, Stasiun Gambir nantinya masih tetap bisa melayani kereta api khusus seperti pariwisata dan kepresidenan. Namun, hal tersebut akan disesuaikan dengan kondisi ke depan.

"Kalau ini kan konsepnya kondisional, bisa saja dikondisikan sesuai situasi," jelas dia.

Apa Reaksi Kamu?