Status Awas Gunung Agung , Penerbangan di Bali Tetap Aman

kontributor
kontributor

Status Awas Gunung Agung , Penerbangan di Bali Tetap Aman

Winnetnews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan jalur penerbangan dari dan ke Bali sampai pada Sabtu (23/9/2017) sore masih dalam status aman setelah status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, naik dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4).

Status Gunung Agung ditetapkan naik pada hari Jumat (22/9/2017) pukul 20.30 Wita.

"Bandara sampai sekarang aman. Gunung belum meletus. Pariwisata dan penerbangan aman semua," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, sore ini.


 

Adapun untuk mengantisipasi perkembangan terkini mengenai status Gunung Agung, pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menggelar rapat dengan para pemangku kepentingan, seperti pengelola bandara, AirNav Indonesia, hingga pihak maskapai.

 

Dari rapat tersebut, akan dihasilkan sejumlah alternatif antisipasi jika nantinya status Gunung Agung semakin memburuk hingga mengalami erupsi atau meletus.

Dari perkembangan terakhir, Kepala bidang mitigasi gunung api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika mengatakan, asap solfatara mulai terlihat di puncak Gunung Agung sore ini.


Namun, kemunculan asap tersebut belum bisa dijadikan indikator untuk menyatakan gunung Agung telah mengalami erupsi. Menurut dia, Gunung Agung dinyatakan erupsi apabila menyemburkan abu vulkanik.

Apa Reaksi Kamu?