(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Status Gunung Merapi Waspada Tapi Aman

Cindy
Cindy

Status Gunung Merapi Waspada Tapi Aman Sumber:Twitter.com/BPPTKG 

WinNetNews.com-  Setelah berstatus normal, Gunung Merapi  berstatus Waspada. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang memastikan tidak ada warga Magelang yang mengungsi sampai saat ini. Kondisi wilayah lereng barat Merapi juga terpantau masih normal. "Di Magelang belum ada (pengungsi)," jelas Kepala BPBD Kabupataen Magelang, Edi Susanto.


Dengan adanya, penaikan status Gunung Merapi ini, BPBD Sleman pun melakukan sejumlah langkah, di antaranya menyiagakan delapan barak pengungsian untuk warga. Barak pengungsian ini bisa sewaktu-waktu digunakan untuk menampung warga yang mengungsi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, menyampaikan hingga pukul 04.00 WIB, sedikitnya ada delapan barak yang disiagakan. Jumlah barak ini bisa bertambah tergantung pada situasi yang berkembang.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, berdasarkan laporan dari Pusdalops BPBD DIY bersumber dari BPPTKG, letusan freatik Gunung Merapi kembali terjadi pada 22 Mei 2018 pukul 01.47 WIB.

Letusan berlangsung selama 3 menit dengan ketinggian asap 3.500 meter arah barat teramati dari pos PGM Babadan. Amplitudo seismik terukur 40 mm.

Sebelumnya pada Senin, 21 Mei 2018 terjadi tiga kali letusan freatik di Gunung Merapi. Letusan freatik pertama terjadi pada pukul 01.25 WIB.
 

Sumber:Twitter.com/BPPTKG

Sumber:Twitter.com/BPPTKG 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});