Stop Makan Malam Bisa Turunkan Berat Badan, Tapi Sehat Nggak Ya?
Stop makan malam untuk turunkan berat badan / Foto: Bon Appetit

Stop Makan Malam Bisa Turunkan Berat Badan, Tapi Sehat Nggak Ya?

Kamis, 29 Des 2016 | 10:28 | kontributor

WinNetNews.com - Masalah kelebihan berat badan seringkali jadi momok yang begitu menohok bagi kaum hawa. Seribu satu cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, agar tubuh lebih ideal. Salah satunya adalah dengan diet. Banyak orang beranggapan bahwa dengan tidak makan di malam hari bisa mengurangi berat badan dengan maksimal, jangan-jangan kamu juga berfikir seperti itu ya Sist!

Memang, anggapan tidak melakukan makan malam bisa menurunkan berat badan itu tidaklah salah. Dikutip dari Medical Daily, penelitian yang dilakukan oleh Obesity Society Metting di New Orleans, menemukan fakta bahwa melewatkan waktu makan malam bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang yang tidak makan malam dapat membakar lemak lebih banyak di sepanjang malam mereka. Akan tetapi seorang peneliti bernama Courtney Peterson yang juga ikut dalam penelitian ini mengatakan,"Kami masih belum mengetahui secara pasti mengenai peningkatan jumlah pembakaran lemak ini. Masih diperlukan penelitian dengan skema lebih besar untuk mengetahui secara pasti apakah pola makan ini meningkatkan pembakaran lemak".

Lantas sehatkah pola diet yang seperti ini?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman Livestrong , makan malam memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Diantaranya dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah harian di dalam tubuh, untuk mengembalikan kebugaran tubuh, mengontrol rasa lapar di pagi hari, dan membantu pembentukan otot ketika tidur.

Sementara keterangan dari Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dalam sebuah artikel yang diposting pada laman Detik, Selasa (27/12/2016) menyebutkan bahwa untuk menurunkan berat badan, maka jadwal makan tiga kali dalam sehari harus tetap dilakukan. Karena, jika kamu dengan sengaja melewatkan waktu makan malam, maka akan membuat metabolisme tubuhmu jadi melambat.

Karena itu, jika kamu berniat menurunkan berat badan dengan cara tidak melakukan makan malam, hal ini sepertinya salah besar sist! Jika kamu memang sedang dalam program diet penurunan berat badan, sebaiknya disarankan tetap melakukan makan malam dengan pemilihan asupan yang tepat untuk malam hari, misalnya dengan makan makanan yang mengandung asupan tinggi protein dan kaya serat.

Contoh makanan yang tinggi protein dan kaya akan serat misalnya buah, sayur-mayur, ikan, daging ayam dan putih telur. Semangat dietnya ya Sist! tetap jaga pola makan yang sehat dan jangan lupa olahraga!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...