Strategi Penjualan SM Entertainment Untuk Album Debut SuperM Dikritik Netizen, Ada Apa?
Foto: Instagram/superm

Strategi Penjualan SM Entertainment Untuk Album Debut SuperM Dikritik Netizen, Ada Apa?

Senin, 14 Okt 2019 | 15:15 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - SM Entertainment bekerja sama dengan Capitol Music Group mendebutkan boy group K-Pop baru yang diberi nama SuperM yang beranggotakan Taemin SHINee, Kai dan Baekhyun EXO, Taeyong dan Mark Lee NCT 127 serta Ten dan Lucas WayV. Grup ini berfokus pada pasar musik Amerika Serikat dan akan menggelar tur konser bertajuk "We Are The Future: Live" yang dimulai pada November mendatang.

SuperM telah membuat debut yang sukses di Billboard 200. Baru saja pada hari ini (14/10), Billboard mengumumkan bahwa album debut SuperM bertajuk "SuperM - The 1st Mini Album" yang dirilis pada (4/10) lalu secara resmi meraih peringkat pertama di "Billboard 200 Albums" dengan penjualan total 168.000 keping album. 

Tetapi, nampaknya kontroversi terkait penjualan album ini sendiri menjadi sorotan netizen. Pasalnya, sebagai bagian dari penjualan album, SuperM menyiapkan lebih dari 60 bundel merchandise/album yang tersedia bagi penggemar untuk dibeli di situs web resmi mereka dan memasukkan penawaran penjualan tiket/album untuk tur mereka dan delapan variasi album itu sendiri. Toko pop-up selama seminggu di L.A. juga dibuka di mana para penggemar bisa membeli album dan barang-barang lainnya.

Istilah "bundel" sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menjual barang dan album artis bersamaan untuk meningkatkan penjualan album. Strategi ini juga kini digunakan oleh banyak artis lain di industri musik. Tetapi memiliki lebih dari 60 jenis bundel yang berbeda cukup mengejutkan bagi pembeli dan penggemar.

Semua penjualan album ini tampaknya akan tetap dihitung di Billboard tak peduli lokasi pengirimannya. Banyak penggemar mengaku terganggu dengan "spam" yang diterima untuk mengingatkan penjualan album.

image0

image1

image2

Berikut ini beberapa komentar netizen di situs TheQoo:

"8 variasi CD album yang berbeda? Wow, aku tidak bisa berkata apa-apa," tutur seorang netter.

"Mengapa mereka tidak naik langkah demi langkah?" kata netter lain.

"Ini taktik yang tidak bagus," protes netter lain.

"Yah, Aku hanya ingin Taemin segera keluar dari ini," tambah netter lain.

"Ini serius. Billboard perlu mengubah metode penilaian mereka. Aku bahkan tidak tahu itu terlihat memalukan seperti ini," sambung netter lain.

"Penggemar tidak perlu membeli album terpisah, mereka bisa membeli tiket dan merchandise, dan kemudian mereka mendapatkan album. Sepertinya album ini benar-benar tidak berharga," komentar netter lain.

"Grup lain mencoba meningkatkan imej K-Pop di AS, tetapi semuanya hancur oleh SM," ujar netter lain.

"Aku suka penyanyi SM, tapi aku sangat merasa malu karena hal ini," ucap netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...