Stt..Harga Gas Turun? Tapi masih tunggu aturan turunan

Rike
Selasa, 02 Agustus 2016 18:07 WIB
Oleh Rike pada Selasa, 02 Agustus 2016 18:07 WIB
Image Stt..Harga Gas Turun? Tapi masih tunggu aturan turunan

WinNetNews.com-Penurunan harga gas sebagaimana diatur pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 mengenai Penetapan Harga Gas Bumi masih menunggu aturan turunan.

Menurut Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masuki, harga gas murah adalah satu-satunya kebijakan dari 12 paket kebijakan ekonomi yang belum dapat diterapkan hingga kini. Padahal tadinya, gas murah untuk industri rencananya dapat dinikmati Januari 2016. "Dari 203 regulasi yang ditargetkan selesai pada Juli 2016, tinggal satu yang belum rampung, yaitu soal gas," terang Wakil Ketua Pokja III Satgas Percepatan dan Efektivitas

Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi, ditemui usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (2/8/2016). Sebenarnya, kementerian teknis dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mengeluarkan regulasi turunan dari Perpes 40/2016.

Menteri ESDM saat itu Sudirman Said, sudah mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 16 tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan Harga dan Pengguna Gas Bumi Tertentu. Tapi, Teten menyebutkan nampaknya masih ada perbedaan antara Kementerian ESDM dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Zikrullah menjelaskan, hambatan internal untuk mengimplementasikan kebijakan gas murah untuk industri sudah selesai. Zikrullah pun memastikan harga gas murah juga sudah dapat diterapkan untuk konsumen yang beli langsung ke hulu (produsen), misalnya industri pupuk.

"Tetapi, kalau hilirnya, harus ada usulan dari Kementerian Perindustrian. Kan (untuk menerapkan ini) harus ada konsolidasi antara Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian. Nanti, aturan turunan ini dituangkan dalam Kepmen. Draft Kepmen sudah ada," jelasnya.

Minyak Zaitun Cegah Keriput dan Garis Halus
Trump Kecam Uni Eropa Terkait Denda untuk Google

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.