Studi: Kegiatan Cuci Piring Mampu Tenangkan Pikiran

Studi: Kegiatan Cuci Piring Mampu Tenangkan Pikiran

Selasa, 2 Jul 2019 | 15:30 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com -  Sebuah studi mengungkapkan bahwa kegiatan mencuci piring tidak hanya sekadar menjadikan piring dan gelas di lemari dapur jadi bersih. Lebih dari itu, berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mindfulness, mencuci piring bisa membantu menjernihkan dan menenangkan pikiran Anda.

Peneliti dari Florida State University terhadap 51 responden, melakukan eksperimen dengan meminta setengah dari jumlah responden untuk fokus mencuci piring sembari menikmati aroma sabun, spon cuci, dan ukuran setiap piring. Lalu, setengah responden lainnya diminta untuk mencuci piring dengan cepat hingga selesai.

Hasilnya, responden yang diminta menikmati proses pencucian piring, ditemukan sebanyak 27 persen mengalami penurunan rasa gelisah dan sebanyak 25 persen mengalami peningkatan nuansa rileksasi dalam pikiran.

Tujuan dari studi ini adalah menemukan kegiatan domestik yang memberikan manfaat lebih banyak dalam kehidupan. Selain itu, peneliti juga ingin bereksperimen mengenai kebahagiaan yang dirasakan oleh mereka yang bekerja mengerjakan pekerjaan rumahtangga.

image0

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...