Studi: Minum Susu Bisa Bikin Gampang Ingusan?

Studi: Minum Susu Bisa Bikin Gampang Ingusan? Jangan biarkan mitos menjauhkan kamu dari asupan bernutrisi. (Foto- iStock)

WinNetNews.com - Saat sedang flu atau pilek ada yang menganggap kalau susu sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa membuat ingus diproduksi berlebih. Benarkah hal tersebut? Peneliti dari Inggris mencoba menjawabnya dengan melakukan analisa studi.

Ahli paru anak dr Ian Balfour-Lynn dari Royal Brompton Hospital menganalisa data dari studi-studi yang sudah dilakukan sebelumnya. dr Ian menemukan bahwa tidak ada yang berhasil membuktikan bahwa susu dapat membuat ingus menjadi lebih banyak dan kental.

Spesifiknya studi pada tahun 1948 menunjukkan bahwa ingus di saluran pernapasan tidak meningkat setelah mengonsumsi susu. Kemungkinan yang terjadi adalah kandungan emulsi pada susu membuat air liur terasa jadi lebih kental dan kemudian dikelirukan dengan ingus.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Live Science, Selasa (11/9/2018),  "Kekentalan liur yang terjadi setelah minum susu ini bisa jadi yang membuat orang-orang percaya bahwa susu dapat meningkatkan produksi ingus," kata dr Ian.

"Mitos terkait ingus dan susu ini perlu diluruskan dengan tegas oleh para tenaga kesehatan," lanjutnya.

Dengan mengurangi konsumsi susu akibat kepercayaan terhadap mitos, seseorang malah berisiko untuk mengalami kekurangan nutrisi penting. Susu merupakan sumber kalsium yang penting bagi anak-anak dan vitamin untuk orang dewasa.

"Asupan kalsium yang cukup merupakan hal penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan mencegah osteoporosis di masa depan. Satu studi melihat 50 anak yang menghindari konsumsi susu tubuhnya lebih pendek dengan tulang kurang padat dibandingkan dengan 200 anak yang minum susu," pungkas dr Ian.