Studi: Penyuka Kopi Punya Tulang Lebih Kuat Dibanding yang Tidak Suka
Ilustrasi, Unsplash

Studi: Penyuka Kopi Punya Tulang Lebih Kuat Dibanding yang Tidak Suka

Rabu, 26 Feb 2020 | 18:08 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Hong Kong terhadap 564 orang dewasa di China, menemukan kalau orang yang menyukai kopi memiliki tulang lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti ini merasa terkejut saat menemukan kalau peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang lebih tinggi dan menandakan tulang yang kuat.

Dilansir dari World of Buzz, berdasarkan penemuan mereka, terdapat tiga molekul (quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate, dan trigonelline) yang terkait dengan konsumsi kopi dan tulang yang tidak mudah patah.

Beberapa keraguan timbul tentang hasil penemuan ini, karena riset yang dilakukan relatif kecil dan hanya berdasarkan laporan dari orang-orang tentang kebiasaan konsumsi kopi mereka.

Akan tetapi, beberapa ahli mengatakan kalau hasil penelitian ini cukup kuat untuk menyimpulkan kalau kopi memang berdampak baik untuk kesehatan tulang.

“Bagi semua orang yang minum banyak kopi dan khawatir tentang dampak bagi kesehatan, ini adalah berita baik. Tampaknya mengonsumsi kopi, secara umum, mungkin baik untuk kesehatan,” kata Chad Deal dari Cleveland Clinic.

Sebelumnya juga terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012, oleh National Institutes of Health. Di mana hasil dari riset yang dilakukan kepada 400.000 ribu orang di Amerika memperoleh hasil, kalau orang yang sering minum kopi mempunyai resiko kematian lebih rendah dari sakit jantung, stroke dan diabetes.

Kopi nampaknya banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Namun bukan berarti kita hanya mengonsumsi kopi saja setiap hari dan tidak melakukan apapun. Minum kopi juga perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang cukup, agar kesehatan tetap terjaga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...