Studi Terbaru: Kesehatan Mental Ayah Ternyata Menentukan Kesehatan Mental Anak

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Studi Terbaru: Kesehatan Mental Ayah Ternyata Menentukan Kesehatan Mental Anak
Ilustrasi: New York Post

Winnetnews.com - Kesehatan mental memang masih belum sepenuhnya menjadi perhatian penuh masyarakat. Jika dibandingkan dengan gangguan fisik, gangguan mental memang cenderung tidak terlihat dan sulit dideteksi. Meski tidak terlihat, bukan berarti penyakit ini bisa diabakan begitu saja. Gangguan mental sebenarnya bisa disembuhkan dengan adanya dukungan dan kasih saying dari orang-orang di sekitar kita.

Orang mungkin tidak banyak yang sadar bahwa kesehatan mental ayah ternyata bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan mental anak-anaknya. Fakta ini diungkapkan oleh Health Equity. Penelitian tersebut menyebtut jika kesehatan mental pada ayah memiliki peran penting terhadap kesehatan mental anak-anaknya.

Penelitian ini menganalisis lebih dari 75.000 anak terkait kesehatan dan hubungan keluarga. Hasilnya, anak-anak yang memiliki kesehatan mental rendah ternyata 2,6 kali lebih rentan mengalami kesehatan mental yang rendah pula.

Pengaruh yang ditimbulkan pun berjangka waktu panjang. Artinya, gangguan ini bisa dimulai dari kecil hingga dewasa. Buruknya, akibat kesehatan mental yang terganggu, anak-anak ini juga dipercaya memiliki kondisi kesehatan fisik yang lemah. Hal ini disebabkan karena separuh kromosom anak berasal dari ayahnya, dan lingkungan pertama yang dikenal anak adalah keluarga.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...