Studi: Tidur dengan TV Menyala Dapat Tingkatkan Resiko Obesitas
Foto: Healthline

Studi: Tidur dengan TV Menyala Dapat Tingkatkan Resiko Obesitas

Jumat, 27 Mar 2020 | 16:10 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Tidur dengan TV yang menyala tanpa kita sadari sering dilakukan, apalagi jika sebelum tidur kita menonton acara favorit terlebih dahulu. Meskipun terdengar menyenangkan, namun ternyata kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya bagi seorang wanita. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang wanita yang tidur dengan cahaya buatan pada malam hari, kemungkinan besar bisa mengalami obesitas.

Dilansir dari Bright Side, lebih dari 40 ribu wanita, antara usia 35-74 tahun berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Environmenyal Health Sciences di Amerika Serikat ini, melakukan pencatatan pada berat badan mereka di awal penelitian dan memonitorinya selama hampir enam tahun.

Para wanita ini ditanya apakah mereka tidur dengan lampu mati, cahaya redup, atau dengan cahaya dari televisi yang menyala. Wanita yang tidur dengan cahaya dari televisi ataupun lampu yang menyala memiliki kemungkinan 17% berat badannya bertambah sebanyak 5kg, dibandingkan dengan yang tidur dalam keadaan gelap.

Tidur dengan TV yang menyala dapat membuat berat badan kita bertambah karena hal tersebut memperlambat kerja badan kita. Tidur dengan lampu yang menyala di malam hari berefek pada metabolimse yang bisa memperbesar resiko obesitas, darah tinggi, dan tekanan gula darah yang tinggi.

Cahaya buatan pada malam hari dikaitkan dengan tidur yang lebih singkat. Akibatnya, kita hanya punya lebih banyak waktu untuk makan lebih banyak makanan. Peningkatan asupan energi juga dapat disebabkan oleh perubahan perilaku dan kognitif, serta perubahan hormon pengatur nafsu makan.

Jika kita tidak memiliki tidur yang cukup setiap hari, ini bisa mengakibatkan kurang tidur. Merasa lelah, selanjutnya, menyebabkan kita menjadi kurang aktif secara fisik. Jadi kita akan lebih banyak mengonsumsi kalori daripada membakarnya.

Selain itu, cahaya biru yang berasal dari ponsel, computer dan gadget lainnya juga diketahui memiliki efek negatif bagi kualitas tidur kita. Penggunaan gadget tersebut juga bisa menyebabkan kita merasa ngantuk saat siang hari. Hal itu disebabkan karena menekan melatonin dan menganggu ritme sirkadian.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...