Studio Game Indonesia Jadi Juara di ASEAN

Studio Game Indonesia Jadi Juara di ASEAN

Jakarta - Studio game lokal Toge Productionberhasil mengalahkan berbagai developer lain, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk meraih gelar internasional.

Toge Production, developer game asal Indonesia, menjadi juara di ajang ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015 untuk kategori developer game.

Jonathan Manuel Gunawan, COO Toge Productions, studio yang berbasis di Tangerang tersebut memang sengaja mendaftarkan game terbarunyaInfectonator: Survivors untuk berkompetisi di AYCIF 2015.

Awalnya, Jonathan tidak berharap untuk menjadi juara di ajang tersebut. Namun, siapa sangka, Toge Productions akhirnya berhasil unggul dari belasan finalis lain.

"Tanpa disangka kita bisa terpilih jadi finalis dan bisa jadi juara," ujar Jonathan melalui pesan singkat kepadaKompasTekno.

Toge Productions berhadapan dengan berbagai developer dari negara ASEAN. Dari Tanah Air, beberapa finalis lainnya adalah Aksara, Silverpoint, Nerd, Sinergi, Own Games, Upsee, Lumiplay, dan Wisageni.

Sementara itu, kompetitor dari luar negeri, seperti Itsybytes dari Brunei, Gemdrops Inc dari Jepang, Total Gameplay dari Myanmar, dan BKGM dari Vietnam.

ASEAN Youth Creative Industry merupakan ajang untuk mempromosikan para enterpreneur muda ASEAN, berumur di bawah 35 tahun, yang bergerak di bidang industri kreatif. Ajang ini sendiri diadakan oleh Japan-ASEAN Cooperation; negara-negara ASEAN; Kementerian UKM dan Koperasi Indonesia; dan UKMC UI.

Selain developer game, ajang ini juga mempertandingkan kompetisi di bidang kreatif lainnya, seperti Fashion, Craft and Product Design (kerajinan tangan), dan animasi atau film.