Suara Mendadak Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya

Rusmanto
Rusmanto

Suara Mendadak Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya ilustrasi
Winnetnews.com -  Pernahkah ketika Anda membuka mulut untuk mengeluarkan suara yang ada hanyalah bisikan dan bibir yang bergerak saja? Anda mungkin bingung apa yang menjadi penyebab suara Anda tiba-tiba hilang begitu saja. Supaya mendapatkan penanganan yang tepat, kenali dahulu apa yang menjadi dalang di balik hilangnya suara Anda. 

Berbagai penyebab suara hilang 

Suara yang tiba-tiba hilang atau hanya dapat mengeluarkan bisikan pelan merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada getaran pita suara Anda, seperti adanya peradangan dan pembengkakan. 

Hal tersebut menyebabkan satu atau kedua pita suara Anda melemah hingga tidak dapat digunakan sama sekali, sehingga membuat suara Anda hilang. Sebenarnya, banyak yang dapat memicu terjadinya kondisi ini, di antaranya:

1. Pilek

Seperti yang dikutip dari Cleveland Clinic, pilek adalah salah satu penyebab umum mengapa suara Anda bisa hilang. 

Pada saat berbicara, udara yang masuk melewati kotak suara di tenggorokan akan menyentuh pita suara sehingga bergetar dan menimbulkan bersuara. Jika Anda terkena pilek, pita suara terkadang akan mengalami peradangan. 

Kondisi tersebut membuat pita suara Anda membengkak dan memengaruhi getaran kedua pita tersebut. Akibatnya, suara Anda serak bahkan tidak ada sama sekali. 

Apa Reaksi Kamu?