Suci Atau Najiskah Air Mani?
Sumber : Istimewa

Suci Atau Najiskah Air Mani?

Senin, 26 Mar 2018 | 01:52 | Oky

Winnetnews.com - Mani atau cairan semen adalah cairan yang keluar ketika mimpi basah atau berhubungan intim.

Air mani mempunyai ciri-ciri warnanya keruh, memiliki bau yang khas, keluar dengan syahwat, keluar dengan memancar dan membuat lemas.

Status apakah air mani itu najis atau suci sendiri masih mendapatkan perselisihan di kalangan ulama. Namun pendapat yang tepat adalah mani itu suci.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha , ia berkata,

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah menghilangkan (menggosok) air mani dari bajunya dengan daun idzkhir, kemudian shalat dengannya. Dan beliau pun pernah mengerik bekas air mani kering dari bajunya, kemudian shalat dengannya” (HR. Ahmad, 6:243 dan Ibnu Khuzaimah no. 294; hasan)

Taqiyuddin Abu Bakr Al-Hishni Ad-Dimasyqi rahimahullah mengatakan,

“Seandainya mani itu najis, maka tidak cukup hanya dikerik (dengan kuku) sebagaimana darah dan lainnya. Sedangkan riwayat yang menyatakan bahwa mani tersebut dibersihkan dengan dicuci, maka ini hanya menunjukkan anjuran dan pilihan dalam menyucikan mani tersebut. Inilah cara mengkompromikan dua dalil di atas. Dan menurut ulama Syafi’iyah, hal ini berlaku untuk mani yang ada pada pria maupun wanita, tidak ada beda antara keduanya,” ( Kifayah Al-Akhyar , hlm. 107).

Dari keterangan di atas bisa kita simpulkan bahwa air mani itu tidak najis karena membersihkannya tidak harus dicuci terlebih dahulu.

Allahu A’lam.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...