Sudah Makan tapi Tetap Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya

Rusmanto
Rusmanto

Sudah Makan tapi Tetap Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya ilustrasi
Winnetnews.com - Lapar adalah kondisi yang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Kalau tubuh kehabisan energi, kita akan merasa lapar dan akhirnya makan hingga kenyang. Selanjutnya rasa lapar akan hilang selama beberapa jam dan muncul lagi 5-6 jam kemudian.

Pemicu Lapar Berlebihan Meski Sudah Makan

Kalau Anda mengalami lapar lagi setelah 5-6 jam, tidak terjadi masalah pada tubuh. Namun, kalau setelah makan dan dalam waktu sejam atau bahkan kurang dari itu terjadi lapar lagi, kemungkinan besar sedang terjadi masalah pada tubuh.

Lapar yang berlebihan dan membuat Anda sulit mengendalikan apa yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu obesitas. Kondisi ini bisa menyebabkan cukup banyak masalah salah satunya obesitas. Berikut beberapa pemicu lapar berlebihan.

1. Tidak Tidur dengan Cukup

Tidur dengan cukup akan menekan hormon yang memicu rasa lapar berlebihan. Sebaliknya kalau Anda sulit sekali tidur dengan nyenyak, hormon yang memicu rasa lapar berlebihan akan muncul dan Anda semakin sulit untuk menahannya.

Rasa lapar akibat tidur yang kurang umumnya akan hilang sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Yang dibutuhkan adalah mengembalikan kualitas tidur setiap harinya. Seseorang membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur setiap hari.

Apa Reaksi Kamu?