Skip to main content

Sudah Tahu Tentang Anemia? Inilah Beberapa Faktanya

Foto: Boldsky
Foto: Boldsky

WinNetNews.com - Meskipun faktanya bahwa ada lebih dari empat ratus jenis anemia, tapi yang paling sering terlihat hanya selusin dari ratusan jenis anemia tersebut. Secara medis, anemia bukan penyakit yang dapat berdiri sendiri, melainkan gejala dari penyakit lain. Anemia didefinisikan sebagai kondisi darah tidak mengandung sel-sel darah merah yang cukup sehat.

Ini adalah suatu kondisi di mana darah tidak menerima oksigen yang cukup ke seluruh sel-sel darah merah. Remaja, wanita hamil dan orang yang lebih tua rentan memiliki risiko tertinggi terkena anemia.

Dikutip dari Boldsky , Minggu (13/11), anemia disebabkan karena kehilangan darah, mengurangi atau pembuatan sel darah merah atau penghancuran sel darah merah secara struktural dalam darah. Anemia yang terjadi karena kehilangan darah dapat terjadi seiring berjalannya waktu dan umumnya sangat ringan pada awalnya.

Karena kehilangan darah saat beraktivitas atau reoccurs, dan jika anemia tidak diobati, anemia menjadi lebih serius dan tanda-tanda tersebut akan menjadi lebih jelas.

Bisul, jenis kanker tertentu dan iritasi pada lambung yang dikenal sebagai gastritis dapat menyebabkan anemia dan mungkin tidak terdeteksi untuk jangka waktu yang cukup lama sebelum didiagnosis.

Obat anti-inflamasi, seperti aspirin dan ibuprofen, juga dapat menyebabkan anemia jika digunakan secara berlebihan atau kerentanan terhadap produk tersebut.

Terakhir, menstruasi berlebihan dan kehilangan darah saat melahirkan juga bisa menyebabkan anemia. Satu-satunya pengobatan untuk jenis anemia adalah mengurangi atau menyingkirkan penyebab utama anemia sebanyak mungkin.

Bentuk yang paling khas dari anemia terlihat dari pembentukan sel darah merah yang berkurang atau struktural sel sabit, kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin. Saat ini tidak ada obat untuk anemia sel sabit, tetapi program untuk pengobatan ini masih bisa dicari dan pasti akan memperoleh banyak manfaat. Kekurangan zat besi adalah jenis yang paling dikenal dari anemia dan salah satu dari banyak individu berkata mengenai kapan mereka terkena anemia.

Anemia juga menyebabkan banyak masalah seperti kelelahan, pucat, denyut jantung cepat, kesulitan berkonsentrasi atau mengingat, kesulitan bernafas, sakit kepala dan bahkan mimisan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top