(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sudirman Said Bisa Laporkan Kembali Kasus Novanto

Rusmanto
Rusmanto

Sudirman Said Bisa Laporkan Kembali Kasus Novanto
WinNetNews.com - Menteri ESDM Sudirman Said dapat mengajukan kembali laporan ke Mahkamah Kehormatan Dewan, jika laporannya terkait kasus Ketua DPR Setya Novanto nantinya ditolak.

"Tidak ada aturan yang melarang itu untuk mengajukan kembali. Masukkan dengan betul," kata Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

"Ini arena pembuktian. Proses ini kalau dilaksanakan dengan baik akan membuktikan laporan Sudirman. Jika yang pimpinan yang dituduhkan tidak benar, maka kita harus terima, tapi kalau terbukti melalukan kesalahan kita juga harus terima," ujarnya.

Selain itu, Johnny juga meminta agar Sudirman dapat melengkapi bukti sesuai yang diinginkan MKD.

Terutama, terkait rekaman dan transkrip percakapan yang sebelumnya dianggap MKD masih kurang.

Dalam laporannya pekan lalu, Sudirman menyebut ada permintaan saham kepada PT Freeport Indonesia (FI) yang akan diberikan kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan pada 8 Juni 2015 yang belakangan diketahui dilakukan antara Presiden Direktur PT FI Maroef Sjamsoeddin, Ketua DPR Setya Novanto, dan pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid.

Menurut Ketua MKD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Surahman Hidayat, rekaman yang diserahkan Sudirman ke MKD hanya berdurasi 11 menit dan 38 detik. Sementara itu, menurut laporan Sudirman, durasi pembicaraan sebetulnya mencapai 120 menit.

Menurut Surahman, sebagian anggota MKD juga berpendapat Sudirman tidak memiliki kedudukan hukum karena saat mengadukan kasus tersebut ke MKD tidak sebagai perseorangan, tetapi sebagai Menteri ESDM.

Untuk menyelesaikan permasalahan itu, MKD akan mengundang pakar bahasa dan hukum tata negara. Namun, dari mana pakar itu belum diputuskan.

disadur dari detik news  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});