Suhariyanto Dilantik Jadi Kepala BPS

Rusmanto
Rusmanto

Suhariyanto Dilantik Jadi Kepala BPS Gedung BPS Jakarta

WinNetNews.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro melakukan pengambilan sumpah jabatan terhadap Suhariyanto menjadi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS).

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Kantor Bappenas, Jakarta pada Kamis (15/9/2016).

Pria yang akrab dipanggil Kecuk itu menggantikan Suryamin yang pensiun pada Agustus 2016 lalu. Kecuk sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS.

Kecuk lahir di Blitar, Jawa Timur, 55 tahun yang lalu. Ia lulus dari Akademi Ilmu Statistik pada 1983. Lalu ia melanjutkan master di bidang statistik di University of Guelph, Kanada.

Kecuk lalu meraih gelar doktor dari Universityof Reading, Inggris, dengan keahlian di bidang ekonomi pertanian.

Di BPS, Kecuk sempat menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Analisis Statistik BPS pada 2008 dan menduduki jabatan Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik pada 2010.

Kecuk menyisihkan dua kandidat lainnya yakni Amalia Adininggar Widyasanti dari Bappenas dan Wihana Kirana Jaya dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam waktu dekat, Kecuk bersama dengan pihak terkait lainnya, akan berupaya mewujudkan Kebijakan Satu Data (One Data Policy). Nantinya akan disusun Strategi Nasional Pengembangan Statistik.

"Jadi nanti statistik dasarnya dari BPS, sektoral dari K/L lain khususnya dari lembaga penelitian itu digabung dan metodologi konsepnya sama sehingga kita punya sistem statistik nasional yang kuat," ujar Bambang.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat metodologi statistik dengan beberapa penyempurnaan supaya datanya lebih berkualitas.

Apa Reaksi Kamu?