Suka Daki Gunung? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan
ilustrasi

Suka Daki Gunung? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jumat, 21 Jun 2019 | 09:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu kegiatan yang kini semakin banyak digemari anak muda di Indonesia adalah naik gunung. Selain bisa membuat kita mendapatkan pengalaman dan foto-foto yang indah, naik gunung juga bisa membuat kita mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang melakukan aktivitas dengan intensitas cukup tinggi saat mendaki gunung.

Berbagai manfaat kesehatan naik gunung

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mempersiapkan fisik dan mental saat mendaki gunung agar bisa mencapai puncak dan terus berada dalam kondisi sehat dan selamat.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari hobi naik gunung.

1. Memperkuat daya ingat

Naik gunung bisa membuat stamina meningkat karena fisik yang semakin terlatih. Tak disangka, hal ini juga bisa membantu meningkatkan daya ingat, lho. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini bisa membuat kesehatan mental semakin membaik sekaligus meningkatkan fungsi memori.

Jika kita rutin naik gunung, maka risiko untuk terkena gangguan daya ingat akan semakin menurun.

2. Menurunkan stres

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, naik gunung bisa memberikan dampak positif langsung bagi kesehatan mental, tepatnya dalam menurunkan stres dan membuat suasana hati semakin meningkat. Aktivitas fisik yang bisa membuat kita banyak berkeringat memang bisa merangsang produksi hormon yang bisa membantu menurunkan stres.

Berada di alam hijau yang masih alami dengan udara yang segar juga telah terbukti mampu membuat kesehatan mental semakin membaik.

3. Memperkuat otot dan kaki

Meskipun seluruh tubuh akan menjadi lebih aktif, kedua kaki kita menjadi tumpuan utama saat mendaki gunung. Hal ini akan membuat kekuatan otot-otot kaki semakin membaik. Selain itu, karena medan pendakian gunung cenderung sangat bervariasi, maka kaki juga akan menjadi lebih lentur. Bahkan, hal ini juga bisa membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...