Suka Main Badminton? Ini Dampaknya Bagi Tekanan Darah dan Gula Darah

Rusmanto
Rusmanto

Suka Main Badminton? Ini Dampaknya Bagi Tekanan Darah dan Gula Darah ilustrasi
Winnetnews.com - Beberapa waktu belakangan warganet sedang ramai membahas tentang salah satu klub bulutangkis lokal legendaris yang menghentikan audisinya karena mengalami masalah dengan lembaga tertentu. Alih-alih membahas tentang masalah ini, kita sebaiknya membahas tentang manfaat melakukan olahraga yang sudah sangat merakyat ini. Apakah benar jika rutin melakukannya maka kadar gula darah dan tekanan darah bisa turun?

Dampak Bulutangkis bagi Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah

Pakar kesehatan menyebut rutin melakukan olahraga seperti bulutangkis bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan oleh sistem metabolisme yang meningkat dan sirkulasi darah yang semakin membaik. Hal ini akan membuat produksi hormon insulin tidak akan mengalami hambatan.

Keberadaan hormon insulin yang cukup akan membantu proses metabolisme glukosa menjadi energi. Hal ini juga akan berimbas pada kadar gula darah yang terjaga. Risiko untuk terkena diabetes pun menurun.

Selain bisa menurunkan kadar gula darah dan risiko diabetes, rutin melakukan bulu tangkis juga terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang meningkat dan peningkatan suasana hati saat memainkannya. Selain itu, bulutangkis termasuk dalam olahraga sosial yang membuat kita bisa merasakan suasana lebih positif, tertawa, hingga menurunkan stres dan kecemasan.

Apa Reaksi Kamu?