Suka Makan Sushi? Berikut Ini Manfaat dan Resikonya

Rusmanto
Rusmanto

Suka Makan Sushi? Berikut Ini Manfaat dan Resikonya ilustrasi
Winnetnews.com -  Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal dan populer di seluruh dunia. Makanan ini juga hadir di Indonesia dalam beberapa jenis. Ada sushi tradisional, sushi gulung, dan sushi yang dibuat dengan menggabungkan cukup banyak elemen lokal sehingga kerap disebut fushion sushi. Nah, apa pun jenis sushi yang dimakan, sehatkah?

Sushi dan bahan dasarnya

Secara umum, sushi bisa diartikan sebagai makanan yang terbuat dari nasi lalu diberi tambahan lauk atau protein. Di Jepang sendiri lauknya bisa beraneka ragam dan sebagian besar adalah irisan dari ikan dalam kondisi yang mentah. Ada bahan lain seperti sayuran dan juga telur untuk menambah variasi.

Nasi yang digunakan untuk membuat sushi ini biasanya nasi yang sangat pulen. Setelah nasi matang dan masih dalam kondisi panas, pembuat sushi akan mencampurnya dengan cuka. Hal ini dilakukan untuk memberikan tambahan rasa, Selanjutnya ikan yang digunakan kerap dilapisi kecap asin atau saus khusus.

Sushi tradisional biasanya dibuat satu persatu dengan membuat nasi kepal kecil. Di atas nasi kepal biasanya akan diberi ikan atau bahan lain yang ditambah dengan wasabi. Kalau Anda tidak pernah makan sushi jenis ini, berarti yang Anda makan berjenis sushi gulung yang dilapisi dengan nori atau lembaran rumput laut.

Sushi tergolong makan berat atau makanan utama. Pasalnya di dalam sushi terdapat nasi sebagai karbohidrat, sayuran sebagai serat, dan ikan atau lauk lain yang mengandung protein atau lemak. Sushi biasanya dimakan dengan kecap asin dan juga acar yang terbuat dari jahe muda.

Apa Reaksi Kamu?