Skip to main content

Suka Merokok Ganja? Siap-Siap Punya Tulang Rapuh

Suka Merokok Ganja? Siap-Siap Punya Tulang Rapuh
Suka Merokok Ganja? Siap-Siap Punya Tulang Rapuh

WinNetNews.com-Dalam penelitian sebelumnya ganja disebut bisa membantu penyembuhan patah tulang, tapi berdasarkan temuan dari penelitian terbaru hal tersebut disangkal.

Penelitian terbaru yang terbit di American Journal of Medicine menyatakan bahwa perokok ganja mungkin memiliki berat badan yang lebih rendah dan tulang yang rapuh.

Stuart Ralston, pemimpin penelitian dan seorang profesor dari University of Edinburgh’s Centre for Genomonic and Experimental Medicine, dalam sebuah pernyataannya mengatakan, “penelitian kami telah menunjukkan bahwa perokok berat ganja memiliki pengurangan jumlah kepadatan tulang dibandingkan oleh mereka yang bukan perokok serta terdapat kekhawatiran yang nyata bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang di kemudian hari pada perokok”.

Perokok berat ganja didefinisikan dengan mereka yang merokok 5.000 kali atau lebih sepanjang hidupnya. Tapi pada penelitian ini, jumlah perokok berat sudah melakukan hal ini sekitar 47.000 kali. Dan untuk perokok sedang rata-rata merokok setidaknya dilakukan hingga 1.000 kali.

Ralston dan rekan-rekan kemudian menguji hubungan antara perokok kelas berat dan kesehatan tulang memakai teknik X-ray spesial yang dikenal dengan dual-energy X-ray absorptiometry (DXA) juga mengukur tingkat kepadatan tulang pada peserta penelitian.

Sebanyak 170 orang adalah perokok ganja secara rutin dan 114 orang lainnya bukan merupakan perokok.

Keretakkan tulang ditemukan lebih sering pada hasil penilaian dari perokok berat ketimbang dengan kelompok yang tak merokok. Kepadatan tulang milik perokok berat berjumlah lima persen lebih sedikit dibanding dengan perokok biasa dan tak merokok ganja.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top