(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Suka Olahraga Agar Tidak Gampang Cedera? Ini Tipsnya

Muchdi
Muchdi

Suka Olahraga Agar Tidak Gampang Cedera? Ini Tipsnya Ilustrasi Pemanasan Foto-thinkstock

WinNetNews.com - Berolahraga, selain membantu tubuh agar tetap sehat dan fit juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika dilakukan dengan benar, olahraga sangat baik untuk membentuk otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun jika tidak berhati-hati, kamu bisa mengalami cedera. Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Selasa (11/9/2018), Yuk dosimak tips dari pakar kesehatan olahraga, dr Carmen SY Jahja, tentang cara mencegah terjadinya cedera saat berolahraga berikut ini.

1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum berolahraga mampu membantu menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas yang berat. Otot-otot yang menjadi lemas pada saat melakukan pemanasan dapat membantu sirkulasi darah menjadi lancar dan mencegah terjadi cedera.

Pendinginan setelah olahraga penting untuk dilakukan agar menurunkan kembali detak jantung menjadi normal. Pemanasan dan pendinginan masing-masing dapat dilakukan selama 5-10 menit.

2. Perhatikan Peralatan yang Dipakai

Setiap jenis olahraga memiliki perlengkapan yang berbeda. Pakaian olahraga harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang dipilih. Sepatu yang digunakan untuk berlari tentu tidak sama dengan yang digunakan untuk bermain bola. Pakailah baju yang nyaman dan sepatu yang tepat agar terhindar dari cedera saat berolahraga.

3. Makan dan Minum yang Cukup

Memenuhi nutrisi sebelum berolahraga sangat penting untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar saat berolahraga. Kurangnya asupan gizi pada saat berolahraga mampu menurunkan tingkat konsentrasi sehingga meningkatkan resiko terjadinya cedera. Siapkan air minum setiap berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

4. Tidak Berlebihan

Tentukan durasi sebelum memulai untuk berolahraga. Selalu perhatikan kondisi tubuh sebelum memulai berolahraga. Terlalu memaksakan diri dapat membuat tubuh menjadi lelah dan memicu terjadinya cedera. Jika sudah merasakan sesuatu yang aneh, segeralah beristirahat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});