Skip to main content

Suka Tidak Sahur Saat Puasa, Nih Tips Supaya Kamu Tetap Bugar Walau Tidak Sahur

Suka Tidak Sahur Saat Puasa, Nih Tips Supaya Kamu Tetap Bugar Walau Tidak Sahur

WinNetNews.com - Kadangkala kamu tidak bisa bangun saat jam sahur karena tubuh yang terasa sangat lelah atau lupa memasang alarm. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau kamu tentu harus berpuasa meskipun tidak sempat makan sahur. Banyak orang yang menjadi lemas dan kurang bersemangat saat berpuasa karena hal ini. Padahal, menurut pakar kesehatan, kamu sebenarnya tetap bisa berada dalam kondisi sehat dan bugar saat berpuasa meskipun tidak sempat makan sahur.

Mencari sinar matahari setelah bangun pagi

Sinar matahari atau cahaya lampu yang terang ternyata bisa memberikan tubuh sinyal untuk menjadi lebih berenergi sepanjang hari. Jika kamu telat bangun sehingga tidak bisa sahur, jangan ragu untuk menikmati sinar matahari pagi yang bisa membuat fisik sekaligus mood menjadi lebih baik.

Mandi air dingin

Setelah menikmati sinar matahari pagi, segeralah mandi dengan air dingin untuk mencegah datangnya rasa lemas dan lesu seharian saat berpuasa. Menurut penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Behavioral and Brain Function, mandi air dingin ternyata bisa membuat badan sekaligus pikiran menjadi lebih segar. Jika saat siang kamu sudah mulai merasa lemas dan lesu, kita juga bisa mandi atau mencuci muka dengan air dingin untuk mengatasinya.

Jangan malas bergerak

Tidak makan sahur bukan berarti tubuh kamu tidak memiliki energi. Toh, pada malam hari sebelumnya kita juga mengkonsumsi makanan yang sudah dicerna tubuh dengan baik, bukan? Cobalah untuk tetap bekerja seperti biasanya dan memberikan selingan berupa berjalan sebentar agar memperlancar aliran darah sehingga kamu tidak mudah merasa lemas.

Tidur siang

Jika aktifitas kamu cukup berat, ada baiknya kamu menyempatkan tidur siang agar tubuh menjadi berenergi kembali hingga waktu berbuka puasa. Pakar kesehatan menyarankan kamu untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit karena jika kamu tidur lebih dari waktu tersebut, tubuh justru akan tearsa lemas.

Mendengarkan lagu

Saat sore hari, perut bisa saja terasa lapar karena kamu tidak makan sahur. Untuk menahan rasa lapar tersebut, cobalah untuk mendengarkan lagu atau melakukan hal menyenangkan lainnya agar waktu berjalan dengan lebih cepat hingga waktu berbuka tiba.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top