Sukses Belajar Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Ikut Kursus

Sukses Belajar Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Ikut Kursus

berbahasa Inggris merupakan sebuah keahlian yang 'wajib' dimiliki bagi mereka yang ingin sukses di dunia bisnis maupun kerja. Bahasa Inggris kini menjadi bahasa yang paling banyak dipakai, lebih dari 90 persen dunia menggunakannya. Baik dalam percakapan sehari-hari, iklan, media cetak hingga berbagai literatur.

Mengambil kursus di lembaga pendidikan bisa menjadi salah satu cara agar mahir berbahasa Inggris. Namun belajar sendiri pun bisa dilakukan. Melansir detik, berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan baik secara mandiri.

1. Nonton Film Berbahasa Inggris

Saat menonton, usahakan seminimal mungkin membaca teks terjemahan bahasa Indonesia. Coba hanya lihat dan dengarkan dialognya. Apabila ada yang tidak dimengerti, barulah membaca teks nya. Cara ini cukup efektif untuk membuat Anda terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

2. Bacaan Berbahasa Inggris

Perbanyak membaca majalah maupun novel berbahasa Inggris. Sediakan kamus kecil untuk membantu apabila ada kata-kata yang sulit dimengerti. Dengan begitu, Anda terlatih untuk mengetahui susunan kata serta tata bahasa yang tepat.

3. Sedikit-sedikit Tapi Sering

EF Academic Operations Manager Andy Lockley menyarankan untuk belajar dan mencoba berbicara bahasa Inggris sedikit-sedikit, namun sering, setiap hari. Ketimbang belajar intens selama empat jam, cara ini akan lebih efektif dan tidak membosankan sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

"Belajar empat jam sekali tidak lebih efektif dari sesi 15 menit tiap hari. Belajar lebih sering, yang didapatkan juga lebih banyak," kata Andy.

4. Tempelkan Catatan

Pria yang telah 10 tahun bekerja di EF untuk Indonesia ini mengatakan, menempelkan catatan di dinding-dinding kamar juga cukup bisa membantu orang lebih mudah memahami bahasa Inggris. Tuliskan kata-kata maupun kalimat sebanyak mungkin lalu tempelkan di sekitar dinding kamar.

"Akan membantu informasi baru yang Anda dapatkan tetap diproses dalam otak dan untuk menguji diri sendiri. Saya biasanya mencatat apa saja yang saya pelajari di akhir hari lalu membandingkannya dengan realitas. Dengan begitu Anda bisa menilai sendiri sejauh mana perkembangannya," pungkas pria asal Inggris ini.