Suku Bunga Acuan Diprediksi Dipangkas Ke 5,13%

Suku Bunga Acuan Diprediksi Dipangkas Ke 5,13%

Jumat, 19 Agt 2016 | 15:55 | Muchdi

WinNetNews.com - Ekonom memperkirakan rata-rata suku bunga acuan BI 7day Reverse Repo Rate yang diumumkan hari ini, Jumat (19/8/2016) akan ada di kisaran 5,13%.

Berdasarkan survei Bloomberg pada Jumat (19/8/2016), sebanyak 22 ekonom memperkirakan BI 7-day Reverse Repo Rate akan ada di kisaran 5,13%. Sebanyak 11 ekonom memprediksi BI 7-day Reverse Repo Rate ada di angka 5,25%, dan 11 ekonom lainnya memprediksi ada di level 5%.

Saat ini, BI Rate bertengger di 6,5%, sedangkan BI 7-day Reverse Repo Rate berada di level 5,25%.

Seperti diketahui, mulai hari ini, Bank Indonesia resmi menggunakan BI 7-day Reverse Repo Rate sebagai suku bunga acuan menggantikan BI Rate. Bank sentral diperkirakan tidak akan banyak melakukan perubahan dengan menurunkan bunga selama masa transisi peralihan.

Kepala Ekonom PT Maybank Indonesia Tbk. Juniman mengatakan perubahan kebijakan suku bunga ini akan membawa sentimen psikologis yang positif hingga akhirnya perlahan-lahan suku bunga deposito akan turun.

Kendati memperkirakan bank sentral tetap mempertahankan suku bunga acuan, dia menilai masih ada peluang bagi BI untuk menurunkannya.

Adapun, perekonomian domestik terlihat sudah mulai membaik walaupun belum mantap. Inflasi tahunan yang berada di level 3,21% bisa menjadi peluang bank sentral memangkas suku bunga acuannya.

Sumber: Bisnis

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...