Skip to main content

Suku bunga bank di Indonesia tertinggi se-ASEAN

Suku bunga bank di Indonesia tertinggi se-ASEAN
Suku bunga bank di Indonesia tertinggi se-ASEAN

JAKARTA- -Suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap atau stance kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

Di tengah gejolak perlambatan perekonomian nasional, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus terus didorong agar tetap berjalan. Apalagi sektor UMKM pernah menjadi 'dewa penyelamat' saat krisis 2008.

Untuk membuat sektor UMKM tetap bergairah, perlu dukungan sektor perbankan dalam hal suku bunga. Pemerintah sudah menekan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang semula 21 persen per tahun menjadi 12 persen dan akan ditekan lagi hingga 9 persen pada tahun 2016.

"KUR dengan sedemikian rupa di-reinventing lagi, di lapangan hampir 21 persen, diupayakan 12 persen dan akan 9 persen tahun depan,"

Meski demikian, Kusumaningtuti masih menyayangkan suku bunga perbankan Indonesia yang rata-rata di atas 10 persen. Suku bunga di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN. "Mereka rendah-rendah sekali suku bunga pinjaman," katanya.

Kondisi ini bisa menjadi sandungan bagi Indonesia dalam persaingan pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. Meskipun baru diberlakukan pada 2020, strategi perlu disiapkan sejak dini.

"Ya Kita coba (suku bunga ditekan) karena kan BOPO (biaya operasional terhadap pendapatan operasional) juga mempengaruhi, BOPO dari bank-bank itu mempengaruhi pembentukan suku bunga," tuturnya.

Dengan suku bunga KUR yang rencananya akan diberlakukan sebesar 9 persen tahun depan, diharapkan bisa menjadi acuan bank-bank untuk memberlakukan suku bunga yang lebih kompetitif.

"Oleh karena itu untuk masyarakat kecil dan UMKM seperti program KUR kan pemerintah sudah berinisiatif menekan suku bunga dengan program itu mudah-mudahan semakin efisien dan akan lebih menurunkan tarif suku bunga," tutupnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top