Skip to main content

Sulit Katakan "Tidak"? Anda Harus Ikuti 4 Tips Ini!

Sulit Katakan Tidak Anda Harus Ikuti 4 Tips Ini

WinNetNews.com - Apakah Anda memiliki kesulitan untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain dan untuk diri sendiri?Jika Anda ingin menghilangkan stres yang sangat serius, maka cobalah mengatakan tidak kepada orang lain. Berikanlah izin untuk diri Anda untuk memilih keputusan sendiri tanpa merasa bersalah atau kesal.

Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan ingin menyenangkan orang lain, membantu orang lain dan menyelamatkan orang lain secara konsisten, terutama mereka yang sensitif atau sangat sensitif seperti bekerja di sektor perawatan kesehatan.

Anda harus menempatkan diri untuk menyisihkan waktu jika kita ingin membantu orang lain, dan juga sebaliknya. Kita perlu untuk mengurus diri sendiri dahulu sebelum kita bisa mengurus orang lain.

Jika Anda memiliki kesulitan mengatakan "tidak" kepada orang lain dan "ya" kepada diri sendiri, berikut adalah beberapa tips praktis yang kuat untuk mempertimbangkan ketika seseorang meminta bantuan Anda dan Anda benar-benar ingin mengatakan "tidak". Anda bisa mulai mengatakan "tidak" dengan keyakinan dan tanpa merasa bersalah atau buruk tentang hal itu:

1. Anda sudah memiliki tanggung jawab

Semakin banyak tanggung jawab yang Anda miliki untuk kehidupan Anda sendiri, Anda pasti tahu persis apa yang Anda inginkan untuk diri sendiri. Dengan begitu semakin mudah Anda untuk mengatakan tidak.

Anda perlu membuat pilihan tentang prioritas Anda, nilai-nilai dan tujuan Anda sehingga membuat keputusan tentang apa yang Anda bisa atau tidak bisa lakukan untuk orang di sekitar Anda lebih mudah dan lebih cepat. Ini adalah fakta bahwa lingkungan Anda akan menghormati Anda bahkan lebih untuk kejujuran dan kejelasan.

2. Katakan saja "tidak". Itu sudah cukup

Kata "tidak" cukup sebagai jawaban, Anda tidak perlu untuk mempertahankan posisi Anda. Semakin banyak alasan yang Anda berikan setelah Anda mengatakan "tidak", semakin gencar orang lain untuk meyakinkan Anda agar Anda mengatakan 'ya'.

Anda hanya memiliki "hak" untuk mengatakan "tidak" setiap kali Anda merasa seperti itu. Ini adalah hak asasi Anda untuk mengurus diri sendiri dan menempatkan diri di posisi pertama.

3. Meminta waktu untuk memberikan jawaban.

Mungkin And butuh waktu untuk berlatih mengatakan "tidak", sebelum Anda benar-benar mengatakan kata "tidak". Dalam prakteknya, lebih baik Anmda meminta waktu pada teman Anda untuk memberikan waktu untuki memutusakn ya atau tidak.

"Aku akan memeriksa ini dalam agenda saya (atau dengan keluarga saya) dan kembali kepada Anda pada itu."

Jika sudah mendapatkan pilihan, Anda bisa tegaskan apa pilihan Anda.

4. Membantu dengan cara yang berbeda

Jika Anda merasa benar-benar ingin membantu orang itu dan memilih untuk diri sendiri pada saat yang sama, mungkin Anda bisa membantu orang tersebut dengan cara yang lain. Bukan mengatakan ya atau tidak, tapi ada alternatif lain untuk membantu.

"Ketika Anda mengatakan YA kepada orang lain, pastikan Anda tidak mengatakan TIDAK kepada diri sendiri," kata Paulo Coelho.

Kita semua berpikir bahwa ketika kita mengatakan "tidak", maka akan menyebabkan konflik atau orang-orang menjadi kurang mencintai kita. Sebagian orang mungkin tidak terima jika kita mengatakan "tidak" kepada mereka, tetapi kebanyakan orang dapat menerimanya dan akan menghormati Anda untuk menetapkan prioritas Anda.

Kejujuran dan keaslian adalah hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada diri sendiri, dan orang lain.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top