Sulit Tagih Utang ke Teman? Ini Cara Mudah Melakukannya

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sulit Tagih Utang ke Teman? Ini Cara Mudah Melakukannya
Foto: Desert News

Winnetnews.com - Menagih utang memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika orang yang meminjam adalah teman sendiri. Terkadang timbul perasaan tidak tega, saat akan menagih.

Namun, jika teman tidak kunjung mengembalikan uang untuk waktu yang lama dan kita sedang sangat membutuhkannya, hal ini dapat menimbulkan masalah baru. Hubungan pertemanan pun bisa rusak karena sebuah utang. Agar bisa mengatasinya, kita bisa mencoba beberapa hal di bawah ini saat akan menagih utang kepada teman.

Lakukan komunikasi yang intens

Meskipun sebenarnya ada perasaan tidak tega, namun kita tetap harus berani membuka percakapan terkait masalah ini. Pasalnya, utang adalah sebuah kewajiban yang harus dibayar. Komunikasi bisa dimulai dengan mengingatkan kapan ia harus membayarnya. Jika dia tak kunjung membalas, kita bisa mencoba menagihnya secara berkala lewat pesan singkat ataupun bertemu langsung.

Jujur dengan kondisi kita

Saat mulai berkomunikasi dengan teman, kita memberitahu dia secara jujur terkait kondisi kita yang sedang membutuhkan uang. Cara ini dilakukan agar peminjam dapat segera mencari jalan keluar untuk melunasi utangnya.

Bicarakan dengan keluarga

Jika komunikasi yang terjadi antara kita dan teman tidak berjalan lancar, mungkin kita bisa menghubungi anggota keluarganya. Dengan cara ini, diharapkan anggota keluarga tersebut dapat membantu kita untuk berkomunikasi dengan peminjam uang.

Tetapkan tenggat tertulis

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan batas waktu membayar utang. Tenggat waktu ini sebaiknya dibuat secara tertulis oleh kedua belah pihak, agar ada bukti yang bisa digunakan sebagai rujukan.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...