Sulit Tidur Saat Malam Hari? Coba Lakukan Latihan Pernapasan Satu Ini
Ilustrasi: Verywell Mind

Sulit Tidur Saat Malam Hari? Coba Lakukan Latihan Pernapasan Satu Ini

Minggu, 29 Sep 2019 | 20:21 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Pernahkah kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari? Kesulitan tidur malam sering dirasakan karena badan sudah terlalu capek dan pikiran sudah terlalu penat namun mata tidak kunjung untuk terpejam. Kondisi seperti ini jika diteruskan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh kita.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur. Salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Dilansir dari helpguide.org, bernapas dengan menggunakan perut akan membantu memudahkan kamu untuk terlelap ketika malam.

Bagaimana cara melakukanya?

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kamu perlu membaringkan tubuhmu senyaman mungkin. Tutup matamu dan letakkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. Pastikan untuk mengatur suhu di kamar sesuai dengan tingkat kenyamananmu.

Kemudian lakukan penarikan napas dari hidung. Pada tahap ini, posisi tangan di perut seharusnya naik, sementara posisi tangan di dada bergerak sedikit.

Setelah menarik napas, usahakan untuk mengehembuskannya melalui mulut. Hembuskan sebanyak mungkin udara keluar dari mulut sembari otot-otot perut berkontraksi. Tangan di perut akan bergerak ke dalam saat napas dihembuskan, sedangkan tangan satunya bergerak sedikit.

Kamu perlu melakukan langkah ini beberapa kali. Perhatikan otot tubuh yang bergerak naik dan turun. Kamu bisa melakukan secara perlahan sampai tubuh terasa lebih nyaman.

Tidak hanya mengatur cara bernapas, hal yang penting kamu perhatikan adalah merilekskan bagian-bagian tubuh yang terasa tegang. Fokuskan pikiran pada bagian tubuh yang kamu rasa stres atau tegang. Rilekskan otot-otot supaya kamu merasa lebih nyaman. Begitu sudah rileks, kamu akan bisa tertidur dengan nyenyak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...