Sulsel Ekspor Komoditas Senilai Rp. 1,2T ke 24 Negara

Sulsel Ekspor Komoditas Senilai Rp. 1,2T ke 24 Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas pengiriman 27 komoditas ekspor ke 24 negara senilai Rp 1,21 triliun di Makassar.

Dalam pidatonya Jokowi menyebut Sulsel menjadi penopang ekspor Indonesia, dengan beragam komoditas yang selama ini belum digarap daerah lainnya, seperti dedak gandum dan telur ikan terbang.

"Saat perekonomian turun, ada peluang ekspor yang bisa diambil oleh eksportir yang memiliki semangat petarung, saya malas lihat pengusaha yang suka mengeluh, sekecil apa pun peluang harus dimasuki, banyak yang tidak dipikirkan tapi disiapkan di sini (Sulsel)," tutur Jokowi di lokasi, Senin (3/8/2015).

Menurut Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, ada 27 komoditas yang dieskpor ke 24 negara tersebut dengan jumlah 333 peti kemas. Ekspor ini merupakan jawaban atas pelemahan ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini.

Sementara itu Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, menyebutkan dalam ekspor ini produk unggulannya adalah Virgin Coconut Oil kualitas Gold yang menjadi primadona di Jepang.

"Sementara tahap awal kami ekspor 2 sampai 3 ton ke Jepang," kata Nurdin kepada detikFinance. (jk)